Gaya Hidup

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah, Berlimpah Kekayaan

Kamis, 13 Januari 2022 - 01:24 | 201.44k
Ilustrasi - Mengaji (FOTO: Shutterstock)
Ilustrasi - Mengaji (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, SURABAYASurat Al Waqiah merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak keutamaan.

Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ سورة الواقعة في كل ليلة لم تصبه فاقة أبدا

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Al Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi)

Banyak yang membenarkan keutamaan surat Al Waqiah terutama terkait dengan kekayaan karena banyak yang telah membuktikan.

Surat Al Waqiah adalah surat ke 56 dalam Alquran. Secara Bahasa, Al Waqiah berasal dari Bahasa Arab yang artinya ‘Hari Kiamat’.

Surat ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Penamaan surat Al Waqiah berasal dari kata Al Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama.

Surat Al-Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari kiamat terjadi. Selain itu, dalam surat ini juga terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api, dan segala jenis tumbuhan yang sekaligus menerangkan kekuasaan Allah SWT, serta akan adanya kebangkitan yang benar adanya.

Dari sekian banyak faedah dari surat Al Waqiah, yang paling banyak terdapat dalam surah ini adalah tentang kekayaan. Akan tetapi, tidak hanya sekedar kekayaan yang bersifat materi saja yang akan didapatkan.

Misalnya dari penelitian Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mencatat, yang mencatat bahwa kandungan dan keutamaan surat Al Waqiah ini adalah adanya nilai pendidikan keimanan seperti tentang asal usul kejadian manusia, tanaman, air dan api juga pendidikan keimanan kepada hari kiamat.

Dirangkum dari berbagai sumer beberapa keutamaan Surat Al Waqiah ini ada yang diperkuat dari hadis lain ataupun berdasarkan kepercayaan dari sejak dahulu.

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Apabila seseorang membiasakan diri untuk membaca Surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar karena akan dijauhkan dari kemiskinan.

Amalan orang sufi agar dilimpahkan rezeki biasanya dengan melakukan puasa selama 1 minggu dimulai dari hari Jumat. Setiap selesai sholat fardhu, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya.

Pada malam Jumat berikutnya sesudah sholat Maghrib, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah sholat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan sholawat sebanyak 1000 kali. Selain itu, perbanyak sedekah dan amalkan surat ini pada pagi dan petang, insya Allah akan berhasil.

2. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Setelah dijauhkan dari kemiskinan, keutamaan surat Al Waqih selanjutnya adalah mendapatkan kekayaan yang sangat banyak. Ini bisa didapatkan saat membaca Surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap selesai menunaikan sholat Ashar.

Rasulullah SAW bersabda: “Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” (HR Ibnu Ady)

3. Ditunaikan Hajatnya

Hal ini berkaitan dengan rezeki yang akan didapatkan oleh seseorang. Caranya, apabila seseorang membaca Surat Al Waqiah ini sebanyak 41 kali dalam sekali duduk, maka insya Allah akan ditunaikan semua keinginan yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Jadi Hartawan yang Dermawan

Agar seseorang bisa menjadi orang kaya yang selalu mengucap syukur, Allah SWT mengucapkan janjinya untuk orang-orang yang bersyukur. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

Saat membaca Surat Al Waqiah sebanyak 3 kali sesudah selesai menunaikan sholat Subuh dan 3 kali sesudah menunaikan sholat Isya dan sudah berubah menjadi kebiasaan, insya Allah hal tersebut akan berujung kepada seseorang yang memiliki banyak hartan dan juga dermawan.

5. Mempermudah Roh Keluar dari Jasad

Bukan hanya terasa di dunia saja saat sering mengamalkan, ada pula keutamaan surat Al Waqiah juga diklaim berhubungan dengan dapat membantu untuk mempermudah roh keluar dari jasad pada orang yang meninggal.

Surat Al Waqiah yang dibacakan saat berada di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, insya Allah akan dipermudahkan supaya roh bisa keluar dari jasadnya. Dengan ini, maka orang tersebut tidak akan merasakan sakratul maut terlalu lama.

6. Diringankan Saat Sakit

Apabila Surat Al Waqiah ini dibacakan saat berada di sisi orang yang sedang sakit, maka InsyaAllah akan dipermudah untuk kesembuhan dan penyakitnya juga diringankan.

Bukan hanya sakit karena penyakit, tapi keutamaan surat Al Waqiah ini juga akan terasa bagi ibu hamil yang hendak melahirkan. Surat ini dipercaya akan mempermudah persalinan bagi ibu hamil tanpa halangan berarti.

7. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Orang yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari tidak akan mendapat kekafiran yang menjadi salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Ini akan menjadi salah satu keutamaan surat Al Waqiah yang akan sangat bermanfaat untuk kaum muslimin.

Hal ini berdasarkan hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

8. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Bagi orang yang rajin membaca Surat Al Waqiah, maka orang tersebut akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga

Bagi orang yang membaca Surat Al Waqiah meski tidak mengetahui artinya, maka akan mendapatkan ketenangan untuk jiwa dan raganya. Hal ini antara lain karena sebenarnya saat membaca Alquran secara keseluruhan, akan mendapatkan rasa tentram.

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES