Peristiwa Nasional

Lima Tokoh dari Jombang Jadi Pengurus PBNU, Siapa Saja Mereka?

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:05 | 321.63k
Pengurus PBNU saat mengumumkan jajaran Periode 2022-2027. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
Pengurus PBNU saat mengumumkan jajaran Periode 2022-2027. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Lima Tokoh dari Kabupaten Jombang masuk dalam jajaran pengurus PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) masa khidmat 2022-2027. 

Seperti diketahui, PBNU telah mengumumkan susunan kepengurusan PBNU masa khidmat 2022-2027 yang disiarkan langsung di youtube TVNU, Rabu (12/1/2022).

Dalam Surat Keputusan (SK) dengan Nomor: 01/A.II.04/01/2022 yang ditandatangani oleh Rais Aam KH Miftachul Ahyar; Katib Aam KH Ahmad Said Asrori; Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf; serta Sekjen KH Saifullah Yusuf terdapat lima tokoh dari Kabupaten Jombang.

1. KH Abdul Hakim Mahfudz

KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin tentu tak asing lagi bagi kalangan Nahdliyin. Gus Kikin merupakan dzurriyah dari pendiri NU yaitu Hadratussyekh KH Hasyim Asyari.

Kini, Gus Kikin aktif sebagai pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedangkan dijajaran PBNU saat ini Gus Kikin diamanahi sebagai Ketua PBNU.

2. KH Abdulsalam Sohib

KH Abdulsalam Sohib atau Gus Salam merupakan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Gus Salam juga merupakan berasal dari dzurriyah pendiri NU yaitu dari KH Bhisri Syansuri. Di jajaran NU, Gus Salam sudah tak asing lagi, sebab sebelumnya dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua PWNU Jawa Timur. Kini, dijajaran PBNU Gus Salam diamanahi sebagai Wakil Sekretaris Jendral PBNU.

3. KH M. Afifudin Dimyathi

Tokoh ketiga ini sudah tak asing lagi di jajaran PBNU. Pasalnya KH M. Afifudin Dimyathi pada periode sebelumnya sudah masuk jajaran pengurus.

Kini, Pengsuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kebupaten Jombang ini kembali diamanahi sebagai Katib Syuriyah PBNU.

4. KH Hasib Wahab Hasbullah

KH Hasib Wahab Hasbullah atau Kiai Hasib merupakan dzurriyah pendiri dan penggeran NU yaitu dari KH Abdul Wahab Chasbullah. Selain itu Kiai Hasib juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang Jawa Timur. Kini, dijajaran kepengurusan Kiai Hasib diamanahi sebagai Ketua PBNU.

5. Nyai Hj. Machmudhoh Aly Ubaid

Nyai Hj. Machmudhoh Aly Ubaid kakak adalah kakak KH Hasib Wahab Hasbullah. Ia merupakan putri pertama dari pendiri NU yaitu KH Abdul Wahab Chasbullah. Ia juga pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang.

Di jajaran pengurus PBNU, ia diamanahi sebagai Mustasyar PBNU. Beliau juga salah satu perempuan yang menjadi pengurus PBNU saat ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES