Pemerintahan

Keponakan Gus Dur Terpilih Sebagai Sekjen PBNU, Inilah Profil Gus Ipul

Rabu, 12 Januari 2022 - 14:29 | 136.85k
Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Walikota Pasuruan yang kini dipercaya sebagai Sekjen PBNU. (FOTO: Instagram Gus Ipul)
Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Walikota Pasuruan yang kini dipercaya sebagai Sekjen PBNU. (FOTO: Instagram Gus Ipul)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal PBNU. Hal tersebut disampaikan oleh Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar.

“Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul,“ ucap Miftachul Akhyar di Aula Lantai 8 Gedung PBNU, Jakarta, Rabu (12/01/2022).

Gus Ipul merupakan sosok yang tidak asing di kalangan Nasional maupun Nahdliyin. Ia merupakan Wali Kota Pasuruan sejak 26 Februari 2021 lalu.

Saifullah-Yusuf-atau-Gus-Ipul-2.jpgPengurus Besar Nahdlatul Ulama saat menyampaikan susunan pengurusnya. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia)

Pria kelahiran Pasuruan 28 Agustus 1964 ini merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Nasional. Selain aktif di kampus Gus Ipul juga aktif diluar organisasi kampus dan pernah dipercaya sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta pada tahun 1990. Ditahun yang sama Gus Ipul juga diberikan amanat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) periode 1990-1995.

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode ini merupakan mantan Ketua Umum GP Ansor selama dua periode dari tahun 2000-2005 kemudian 2005-2010.

Pria yang merupakan keponakan dari Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini juga pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Desa Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu ditahun 2004-2007.

Dalam organisasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gus Ipul dipilih menjadi salah satu Ketua di bawah kepemimpinan Said Aqil Siradj. Kini, Gus Ipul dipercaya kembali untuk menjadi Sekretaris Jenderal PBNU. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES