Indonesia Positif

Kick Off Vaksinasi Booster di Kota Malang Mulai Berjalan Besok

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:11 | 46.10k
Wali Kota Malang, Sutiaji saat berada di NCC, Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, Sutiaji saat berada di NCC, Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemkot Malang memastikan kick off pelaksanaan vaksinasi booster gratis bakal dimulai pada Kamis (13/1/2022) besok. 

Wali Kota Malang, Sutiaji memastikan pelaksanaan tersebut bakal menyasar beberapa kategori, yakni lansia dan masyarakat rentan.

"Kita launching besok (vaksin booster). Kita utamakan komorbid, lansia dan masyarakat rentan," ujar Sutiaji, Rabu (12/1/2022).

Kick off vaksinasi booster tersebut rencananya bakal digelar di halaman Mini Block Office, Balai Kota Malang yang diperkiraan mulai pada pukul 08.00 WIB.

Sutiaji meminta kepada masyarakat, karena ini memang program pemerintah untuk menjaga dan melindungi negara dan seluruh masyarakatnya, diharapkan bisa ikut berpartisipasi untuk melaksanakan vaksin booster.

"Bahasanya sekarang itu untuk yang rentan kita dahulukan. Saya minta kepada masyarakat kalau disediakan ya saya minta untuk mengikuti kan ini untuk kita dari negara," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyebutkan bahwa kick off pertama untuk vaksinasi booster besok direncanakan bakal diikuti oleh 30 sampai 50 orang.

"Jadi yang mempunyai potensi mudah terpapar. Satu yang punya komorbid dan kedua ibu hamil. Lalu lansia itu yang utama," tuturnya.

Ada tiga jenis vaksin yang telah disiapkan oleh Dinkes Kota Malang, diantaranya adalah jenis Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.

Untuk masyarakat yang telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua dengan menggunakan jenis Astrazeneca, nantinya bakal diberikan vaksin booster dengan jenis moderna. Lalu jarak antara dosis kedua dengan dosis ketiga sekitar 6 bulan lamanya.

"Itu sudah rekomendasinya ya. Di kita ada sekitar 50.000 dosis dari tiga jenis tersebut," katanya.

Untuk kick off pertama, Dinkes Kota Malang telah menyiapkan sekitar 15 vaksinator untuk mengawali kegaiatan vaksin booster tersebut.

Selanjutnya, untuk ke depan vaksinasi booster bisa melalui fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang telah di sediakan. "Kita akan persiapkan di fasyankes. Seperti di puskesmas, rumah sakit dan klinik. Insyallah mulai Senin nanti kita koordinasi dengan fasyankes lainnya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES