Peristiwa Internasional

Fosil Naga Laut Terbesar Ditemukan di Lepas Pantai Inggris

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:36 | 97.08k
Fosil naga laut yang ditemukan di Rutland Water Nature Reserve, Rutland, Inggris. (FOTO: Mathew Power/Anglian Water/Reuters)
Fosil naga laut yang ditemukan di Rutland Water Nature Reserve, Rutland, Inggris. (FOTO: Mathew Power/Anglian Water/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Yang kita ketahui saat ini naga laut atau sea dragon merupakan binatang laut kecil imut berbentuk seperti kuda laut. Namun tahukah anda bahwa ukuran naga laut tak semungil itu dimasa lalu? Seperti fosil naga laut atau ichthyosaurus yang ditemukan di lepas pantai Inggris ini.

Petugas pertanahan Rutland Water Nature Reserve, Rutland, Inggris, yang awalnya hanya ingin melakukan pengukuran tanah di daerah lepas pantai tersebut harus berhenti sekejap. Pasalnya mereka menemukan sisa potongan tulang aneh. Setelah digali lebih dalam rupanya tulang tersebut milik naga laut purba.

Fosil-naga-laut-yang-ditemukan-di-Rutland-Water-Nature-Reserve-2.jpg

Jauh dari ukuran naga laut modern yang hanya memiliki ukuran beberapa centimeter, fosil naga laut purba ini memiliki ukuran panjang sekitar 10 meter. Total berat tengkoraknya pun sekitar 1 ton. Namun jaman dulu, bentuk naga laut lebih menyerupai ikan lumba-lumba hanya saja dengan moncong yang panjang.

Naga Laut ini diperkirakan punah sekitar 90 juta tahun yang lalu. Sebenarnya fosil naga laut ini sudah ditemukan sejak Februari 2021 kemarin oleh petugas pertanahan. Namun karena proses ekskavasi yang rumit bentuk utuhnya baru diketahui Januari 2020 ini.

Fosil-naga-laut-yang-ditemukan-di-Rutland-Water-Nature-Reserve-3.jpg

Sebelumnya, ahli palentologi Inggris sudah melakukan penggalian besar-besaran pada Agustus dan September 2021 kemarin. Tim ahli tersebut dipandu oleh Dean Lomax, seorang ahli ichthyosaurus dan ilmuwan tamu di University of Manchester.

"Hewan ini merupakan puncak rantai makanan, predator puncak. Jadi ichthyosaurus ini juga memakan hewan prasejarah laut lain, naga laut juga merupakan pemangsa ikan besar, cumi-cumi juga," ungkap Dean Lomax seperti dilansir dari CNN.

Naga laut atau ichthyosaurus ini bukan naga laut pertama yang ditemukan di Inggris. Beberapa jam sebelum penemuan naga laut ini, naga laut lainnya juga ditemukan agak keselatan di daerah Coastal Town, Lim Regis, Inggris. Namun ukurannya yang yang besar menjadikaannya tampak lebih istimewa dari naga laut yang ditemukan sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES