Peristiwa Nasional

Menteri Kesehatan RI Ajak Jurnalis Edukasi Masyarakat Terkait Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 - 09:14 | 62.52k
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin usai menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenkes)
Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin usai menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenkes)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin meminta jurnalis memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, termasuk berkaitan dengan penyebaran Omicron.

Budi mengatakan, peran pekerja media sangat penting di tengah masyarakat. Apalagi saluran informasi yang selama ini mereka bangun sangat cepat. Cara ini cukup efektif untuk memberikan edukasi agar masyarakat sadar pentingnya menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit.

Selain itu, media juga berperan penting dalam memberikan edukasi agar masyarakat tidak panik. Masyarakat bisa tenang jika informasi yang mereka dapatkan sangat humanis dan tidak sembarangan. Media juga berperan penting dalam menangkal hoax di tengah masyarakat.

“Kami meminta rekan media untuk menenangkan masyarakat. Dengan masuknya Omicron ke Indonesia, pasti ada kenaikan kasus yang cukup tinggi dan cukup cepat. Kita harus tetap waspada dan hati-hati, kita harus siaga dan tidak perlu panik," kata Menkes, Rabu (12/1/2022).

Menkes melaporkan bahwa keberadaan Omicron di berbagai negara, termasuk Indonesia terus meningkat. Penyebarannya sangat cepat, sangat banyak dan resiko penyakitnya rendah. Sedangkan kasus yang masuk ke rumah sakit lebih rendah dibanding Delta.

'Kunci utama masyarakat bisa bertahan dan menang melawan Omicron adalah taat aturan. Jangan pernah melepas semua protokol kesehatan yang sudah diatur, apalagi ketika jalan-jalan ke ruang publik dengan keluarga besar," ucapnya.

Pesan yang paling penting dari Menkes RI, adalah masyarakat diminta tidak menutupi diri jika menemukan gejala. Dia meminta masyarakat jujur dan tidak membahayakan orang lain, apabila sudah ada gejala sebaiknya melaporkan diri ke Satgas Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Nomor satu yang paling penting, kita harus disiplin menjalankan prokes, pakai masker adalah hal utama yang harus dilakukan. Kalau kita memang sudah merasakan tidak enak badan jangan ragu untuk tes PCR. Kalau kita sakit lebih baik melakukan isolasi," kata Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES