Indonesia Positif

Cegah Stunting, Pemkab Banjarnegara Terapkan Elsimil

Selasa, 11 Januari 2022 - 19:23 | 51.82k
PLh Bupati Banjarnegara H Syansudin meluncurkan aplikasi Elsimil di Pendopo Kecamatan Banjarnegara, Selasa. (11/1/2022). (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)
PLh Bupati Banjarnegara H Syansudin meluncurkan aplikasi Elsimil di Pendopo Kecamatan Banjarnegara, Selasa. (11/1/2022). (FOTO : Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAPemkab Banjarnegara menerapkan aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Peluncuran dilakukan di Pendopo Kecamatan Banjarnegara, Selasa (11/1/2022).

Tujuan dari program ini menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dispermades PPKB) Banjarnegara, Hendro Cahyono, untuk mencegah dan penurunan angka stunting di Kabupaten Banjarnegara

Dijelaskan, sistem aplikasi Elsimil ini untuk melakukan screening pendampingan calon pengantin untuk memastikan kesiapan menikah dan hamil.

Selama tiga bulan sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahan maka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas dan anemia.

PLh Bupati Banjarnegara H Syansudin a

Seperti diketahui, Presiden RI menargetkan penurunan angka stunting 14% di tahun 2024. Saat ini angka stunting nasional 24,4% sedangkan untuk Kabupaten Banjarnegara diangka 23,16%, imbuhnya.

Kemudian untuk edukasi pra nikah dan pengisian informasi pada aplikasi Elsimil, para calon pengantin akan dibantu oleh Tim Pendamping Keluarga meliputi unsur tenaga kesehatan, PKK dan Kader KB. Untuk Banjarnegara tercatat ada 2.352 pendamping.

Plh Bupati Banjarnegara mendukung adanya aplikasi Elsimil yang dikembangkan oleh BKKBN ini. Diharapkan aplikasi tersebut bisa mencegah dan menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES