Indonesia Positif

Distan Dukung Pabrik Gula MSM, Jadikan Energi Baru di Sumba Timur

Selasa, 11 Januari 2022 - 23:45 | 84.05k
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur NTT Oktavianus Mbaku Muku, SP, M.Si. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur NTT Oktavianus Mbaku Muku, SP, M.Si. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur mendukung beroperasinya pabrik gula PT Muria Sumba Manis yang akan menjadikan energi baru tersendiri yang mendukung perkembangan pertumbuhan ekonomi di NTT khususnya Kabupaten Sumba Timur.

“Bagi saya pribadi beroperasinya pabrik gula di Sumba Timur tentu sangat mendukung karna ini menjadi energi baru bagi tumbuhnya ekonomi di NTT dan khususnya di Sumba Timur,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Oktavianus Mbaku Muku, SP, M.Si Selasa (11/1/2022).

Oktavianus mengaku melihat perkembangan penanaman tebu sepanjang area perkebunan yang digarap MSM adalah lahan mati yang tidak memberikan dampak apa-apa namun dengan teknologi yang dilakukan PT MSM dapat berkembang dengan baik dan berhasil.

Menurut Oktavianus, tanaman tebu merupakan salah satu komoditas utama untuk dijadikan produk swasembada. Walaupun Dinas Pertanian Sumba Timur dan PT MSM belum saling bekerjasama dibidang penanaman tebu tetapi tidak menutupi kemungkinan kedepan.

“Misalnya dalam waktu dekat ini nanti kita akan coba melakukan koordinasi terkait penanganan tananam tebu hingga antisipasi hama belalang ataupun transfer tekhnologi,” ujarnya.

Selain itu kata Oktavianus, jika MSM menghendaki kedepannya pihaknya melakukan plasma dengan masyarakat atau kelompok tani agar hasilnya dapat diserahkan ke MSM. Inipun tidak menutupi kemungkinan sehingga menjadi peluang besar dari sisi aspek pendapatan masyarakat.

Oktavianus berharap, untuk mendukung beroperasinya pabrik gula MSM di Kabupaten Sumba Timur guna mendukung swasembada gula maka dibutuhkan peranannya dalam rangka memenuhi kebutuhan gula.

“Kita berharap Kabupaten Sumba Timur salah satu Kabupaten penghasil tebu dan gula yang eksistensinya sebagai wilayah yang berpotensi untuk mendukung swasembada gula nasional,” harap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Mbaku Muku. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES