Peristiwa Nasional

BPIP Siapkan Buku Pedoman Pembinaan Ideologi Pancasila bagi ASN

Selasa, 11 Januari 2022 - 22:10 | 43.13k
Patung Pancasila besar yang jadi lambang cinta Indonesia dan Pancasila di Gereja Katedral Jakarta(Foto: Kompas/Syifa Nuri)
Patung Pancasila besar yang jadi lambang cinta Indonesia dan Pancasila di Gereja Katedral Jakarta(Foto: Kompas/Syifa Nuri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo berbicara pentingnya penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Romo Benny, sapaan akrabnya mengatakan, di tengah kekhawatiran akan masuknya ideologi menyimpang ke dalam institusi pemerintah, maka penguatan PIP bagi ASN mutlak harus diperkuat.

Sebab, menurut Romo Benny, semua lembaga pemerintahan, mulai tingkat pusat hingga daerah sangat berpotensi terpapar ideologi-ideologi selain Pancasila. 

"Ideologi agama sudah masuk dalam ranah pengambil keputusan, ini sangat mengkhawatirkan", ujarnya kepasa TIMES Indonesia, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Karena itu, kata dia, nilai-nilai Pancasila harus menjadi logos, pathos dan ethos dalam kehidupan sehari-hari para ASN. Apalagi  mereka dinilai sebagai pelayan publik. 

"Kesetiaan pada negara, kerja keras, itu ethos, dibangun dengan kedisiplinan," Romo Benny menambahkan.

Romo Benny menjelaskan BPIP juga tengah menyusun buku pedoman pengutan ideoligi Pancasila untuk diterapkan bagi seluruh ASN.

"Minggu ketiga bulan ini mau dirapatkan dan jika sudah jadi kira-kira awal februari barang sudah bisa dipakai", tutur Romo Benny, Stafsus BPIP soal penguatan pembinaan ideologi Pancasila bagi ASN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES