Indonesia Positif

UMG Dukung Program PTSL BPN

Selasa, 11 Januari 2022 - 15:45 | 45.25k
Penandatanganan PKS MBKM dengan BPN Kab. Gresik. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Penandatanganan PKS MBKM dengan BPN Kab. Gresik. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKUMG dukung program PTSL BPN dengan turut menandatangi PKS MBKM bersama BPN Kab. Gresik.

Penandatanganan dilaksanakan di Desa Mojogede Kec. Balongpanggang, Gresik, Senin (10/1/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Kantor wilayah BPN Jawa Timur, Kepala kantor BPN Kabupaten Gresik, Bupati Gresik, Forum Kepala Desa, Polres Gresik, Dandim, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Wakil Rektor Universitas Wijaya kusuma, Pimpinan NU, Pimpinan Muhammadiyah, Banser, KOKAM, Remaja Masjid, Perwakilan Karang taruna serta Tokoh Masyarakat.

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik mentargetkan tahun ini 58 desa pada tiga kecamatan bisa tuntas dalam program pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ketiganya terdiri dari Kecamatan Balongpanggang, Benjeng dan Kecamatan Menganti.

penyerahan

Menurut Asep Heri, Kepala BPN Kabupaten Gresik, bidang yang akan dirancang pada tahun 2022 sebanyak 45.000 peta bidang, dan 40.000 sertifikat atas hak tanah.

Dalam sambutannya Kepala Kakanwil BPN Jawa Timur, Jonahar menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung untuk tercapainya target kabupaten Gresik Lengkap pada tahun 2022. Menurutnya apabila target tersebut bisa tercapai, maka akan menjadikan Gresik akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih target tersebut dan bisa menjadi percontohan bagi kabupaten lainnya karena telah melakukan kolaborasi dan sinergi yang baik antara berbagai elemen yang terlibat.

Sementara itu Gus Yani, Bupati Gresik menuturkan terciptanya kolaborasi yang baik dari seluruh pihak diantaranya Universitas, PEMDA dan BPN menjadikan program PTSL ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam sambutannya Dr. Eko Budi Leksono, ST, MT, Rektor UMG menyatakan bahwa UMG siap mendukung pelaksanaan Program PTSL BPN Kab. Gresik.

Dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), UMG akan merekognisi sistem kredit semester mahasiswa yang akan dilibatkan dalam program tersebut melalui program KKN Khusus.

penyerahan sertipikat

“UMG telah menerjunkan 380 Mahasiswa untuk mendukung suksesnya program PTSL serta mengambil peranan dalam program Trisula yang dicanangkan oleh kantor BPN Gresik. Program Trisulan adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi,” tuturnya.

Selain program Trisula Dr. Eko juga menjelaskan bahwa UMG juga akan support penuh pada program program BPN lainnya seperti : Program GEBETAN BARU dan GEMA PULDASIS, merupakan program Kementerian ATR/BPN menuju Gresik Lengkap 2022.

Program ini akan disupport penuh oleh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Univeritas Muhammadiyah melalui skema Magang Kerja dan Proyek Desa.

Pada acara tersebut juga dilakukan ikrar dari elemen-elemen masyarakat yakni: perwakilan PPAT, Kepala Desa, Kokam, Banser, Mahasiswa UMG, Mahasiswa Wijaya Kusuma, Remas, Karang Taruna, dan Panitia Desa untuk mendukung kegiatan PTSL Tahun 2022 tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES