Peristiwa Internasional

Pfizer Bakal Siapkan Vaksin Omicron pada Maret 2022

Selasa, 11 Januari 2022 - 16:24 | 71.53k
CEO Pfizer , Albert Bourla. (foto: Reuters)
CEO Pfizer , Albert Bourla. (foto: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – CEO Pfizer, Albert Bourla mengatakan, vaksin Covid-19 untuk varian omicron akan siap Maret 2022. Bahkan ia menyebut perusahaan sudah mulai memproduksinya. Seperti diketahui varian baru covid-19 itu telah menyebar hampir di 150 negara, tak terkecuali Indonesia.

"Vaksin ini akan siap pada bulan Maret. Kami (sudah) mulai memproduksi beberapa dari jumlah ini yang berisiko," kata CEO Pfizer Albert Bourla kepada 'Squawk Box' dikutip dari CNBC.

Bourla juga menerangkan, vaksin ini disiapkan untuk varian lain yang beredar. Dia mengatakan, masih belum jelas apakah vaksin omicron diperlukan atau tidak, tetapi Pfizer akan memproduksi beberapa dosis yang siap dua bulan lagi, lantaran beberapa negara menginginkannya sesegera mungkin.

"Harapannya adalah bahwa kita akan mencapai sesuatu dengan beberapa cara, yakni perlindungan yang lebih baik terutama terhadap infeksi. Perlindungan agar tidak sampai rawat inap dan kondisi yang parah, saat ini masuk akal sekarang, dengan vaksin ini katakanlah Anda memiliki dosis ketiga," ucap Bourla.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan, vaksin Pfizer hanya sekitar 10 persen efektif dalam mencegah infeksi simtomatik dari Omicron 20 minggu setelah dosis kedua. Namun, dua dosis asli masih memberikan perlindungan yang baik terhadap penyakit parah.

"Suntikan booster hingga 75 persen efektif untuk mencegah infeksi simtomatik," tulis penelitian itu lagi.

Bourla menambahkan, tidak jelas apakah dosis keempat diperlukan. Dia mengatakan Pfizer akan melakukan percobaan untuk menentukan apakah dosis lain diperlukan.

Bourla mengatakan dosis booster vaksin Covid-19 yang ada sudah cukup untuk melawan varian tersebut. Meskipun demikian, sang CEO Pfizer menyebut ada pemerintah yang menginginkan vaksin yang diperbarui sesegera mungkin, termasuk untuk varian Omicron. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES