Indonesia Positif Indonesia Herd Immunity

Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Banyumas, Sejumlah Anak Menangis karena Takut Jarum Suntik

Selasa, 11 Januari 2022 - 15:21 | 91.28k
Salah satu anak usia 6-11 tahun yang divaksinasi meronta saat akan divaksin karena merasa takut, namun usai disuntik bocah tersebut pun tersenyum. (FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)
Salah satu anak usia 6-11 tahun yang divaksinasi meronta saat akan divaksin karena merasa takut, namun usai disuntik bocah tersebut pun tersenyum. (FOTO: Sutrisno/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Sebanyak 1000 dosis vaksin untuk anak usia 6-11 tahun digelar di Kabupaten Banyumas. Kali ini yang mendapat bagian vaksinasi adalah lima sekolah dasar di Kecamatan Wangon, Selasa siang, (11/1/2022).

Dari antrean anak yang akan divaksin di gedung UPK Wangon terlihat puluhan diantaranya menangis histeris dikarenakan takut terhadap jarum suntik.

Pantauan TIMES di lokasi, sejumlah anak tampak menutup wajah dan memeluk orang tuanya lantaran takut saat melihat yang siap disuntikan.

Salah-satu-anak-usia-6-11-tahun-yang-divaksinasi-meronta-2.jpg

Namun, tak sedikit pula ada sejumlah siswa yang tenang dan bersikap biasa saja saat hendak disuntik. Seperti siswa kelas 2 SD di Wangon bernama Dimas Saputra.

"Iya tadi disuntik sama bu Bidan, dan nggak ada rasa sakit kok, cuma kayak digigit semut, malah nantinya saya mau vaksin lagi," ungkap Dimas.

Kordinator IBI Karesidenan Jatilawang ,Titin Sulistiyoningsih mengatakan sebelum menerima suntikan vaksin Covid-19, para siswa yang didampingi orangtua tersebut lebih dulu melakukan pendaftaran dan menjalani skrining kesehatan.

Setelah dinyatakan sehat, anak tersebut baru diperbolehkan untuk disuntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Salah-satu-anak-usia-6-11-tahun-yang-divaksinasi-meronta-3.jpg

"Sebelum divaksin anak anak telah menjalani skrining kesehatan, setelah dinyatakan sehat boleh untuk disuntik vaksin, kebetulan hari ini adalah Sinovac," katanya.

Ditambahkan Bidan Titin, pemerintah yang telah memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk memperkuat imunitas anak sehingga dapat meminimalisir potensi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah anak.

"Vaksinasi anak usia 6-11 tahun hari ini dengan target sebanyak 1000 anak dengan rincian 850 dan 150 dosis untuk yang gagal vaksin sebelumnya," terang Titin.

Sementara untuk dosis vaksin berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Pihaknya juga mengaku selalu melakukan evaluasi berkala perkembangan proses vaksinasi anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES