Kesehatan

5 Bahan Alami Pereda Flu dan Radang Tenggorokan

Selasa, 11 Januari 2022 - 07:22 | 88.54k
Ilustrasi - Seseorang Menderita Radang Tenggorokan. (FOTO: hellosehat.com)
Ilustrasi - Seseorang Menderita Radang Tenggorokan. (FOTO: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski gejala flu dan radang tenggorokan tidak selalu berarti positif Covid-19, bukan lantas hal ini disepelekan. Penyakit ini meski tergolong ringan dan terkadang sembuh sendiri dalam beberapa hari tetap saja sangat mengganggu penderitanya.

Apabila Anda terserang flu dan radang tenggorokan, jangan buru-buru minum obat kimia. Coba mamnfaatkan lima bahan alami yang efektif meredakan flu dan radang tenggorokan: 

Seorang-wanita-menderita-flu.jpgSeorang wanita menderita flu. (FOTO: cnnindonesia.com)

1. Madu

Seseorang yang menderita sakit flu, biasanya lebih banyak membutuhkan waktu untuk beristirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan saat mengidap flu atau radang tenggorokan seseorang akan lebih mudah cepat lelah dibanding biasanya. Madu sebagai pemanis alami disarankan untuk penderita flu dan radang tenggorokan agar dapat mengganti energi yang hilang. 

 2. Irisan Jahe

Bagi penderita flu dan radang tenggorokan terutama radan tenggorokan, jahe bisa menjadi obat yang mujarab. Jahe yang dicampur dengan air putih hangat sudah bisa menjadi obat radang tenggorokan. Jahe yang menhasilkan sensasi hangat akan lebih nyaman diminum sebelum tidur agar lebiih menenangkan gangguan pada tenggorokan yang sedang radang. 

 3. Jus Lemon

Lemon merupkan buah yang kaya akan vitamin c dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh akan perlahan membaik ketika dibantu jaga denan rutin mengonsumsi supan vitamin c. Lemon juga cenderung mudah didapatkan selain itu juga dapat diminum dengan kondisi dingin. Akan tetapi, pada saat mengaami flu dan radang tenggorokan disarankan minum dalam keadaan hangat. 

 4. Air Putih

Hal yang paling mudah dan pasti menjadi rutinitas sehari-hari yakni minum air putih dalam jumlah lebih banyak dari biasanya namun tidak berlebihan. Air putih akan membantu mengeluarkan penyakit dari tubuh seperti keringat maupun urin. Tentu saja dengan begitu akan mempercepat kondisi flu dan radang tenggorokan semakin membaik. 

 5. Mint segar

Daun mint biasanya ditemukan saat kita minum minuman dari cafe dan sebagai garnish atau hiasan. Siapa sangka ternyata daun mint dapat menjadi campuran olahan minuman apapun dan membantu meredakan penderita flu dan radang tenggorokan. 

Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu meredakan flu dan radang tenggorokan. Bahan-bahan tersebut, dapat diminum dengan terpisah maupun dicampur jadi satu kecuali jus lemon. Bahan tersebut mudah didapat dan dicari sehingga tak ada alasan untuk malas membuat ramuan alami pereda flu dan radang tenggorokan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES