News Commerce

Batik Bantengan Anjani Galeri, Produk UMKM Unggulan

Senin, 10 Januari 2022 - 23:18 | 176.84k
Suasana Anjani Batik Galeri di daerah Bumiaji Kota Batu (Foto: Anjani Sekar Arum)
Suasana Anjani Batik Galeri di daerah Bumiaji Kota Batu (Foto: Anjani Sekar Arum)

TIMESINDONESIA, BATU – Produk asli Kota Batu ini diciptakan oleh seniman yang bernama Anjani Sekar Arum. Julukan “Anjani Bantengan” sudah melekat padanya. Anjani Batik Galeri merupakan hasil jerih payah Anjani dalam mengembangkan produknya. Lokasi galeri ini ada di Jalan Nangka No.11, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Awal mula bisnis ini dijalankan pada tahun 2014 dimana Anjani mendirikan sanggar dan galeri batik untuk masyarakat umum. Mulai dari sinilah dirinya berkarya sampai menghasilkan produk Batik Bantengan  yang dikenal sampai mancanegara.

“Bagi saya, batik adalah identits yang dimiliki oleh setiap daerah seluruh Indonesia. Oleh karena itu saya prihatin jika kota saya sendiri tidak memilikicorak batik yang khas,” ungkap Anjani.

Batik Bantengan sendiri terinspirasi dari seni budaya Bantengan yang menjadi identitas Kota Batu khususnya di daerah Bumiaji. Selain dikomersilkan, Anjani memiliki tujuan lain untuk  mengembanggkan komunitas batik cilik yang peduli terhadap kebudayaan lokal. Anjani memiliki harapan dapat terus membagikan ilmunya dalam seni membatik pada generasi peneru bangsa. Pembuatan batik pun dipelajari secara mandiri dengan berbekal ilmu dalam bangku kuliahnya.

Batik Anjani 1Contoh produk dari Anjani Batik Galeri yaitu, bed cover, sepatu, masker menggunakan motif Batik Bantengan(Foto: Anjani Sekar Arum)

“Usaha ini juga membawa saya dalam menerima apresiasi SATU Indoensia Awards 2017 dan itu merupakan penghargaan yang membuat saya jadi lebih semangat,” ungkapnya.

Apresiasi SATU Indonesia Awards sendiri merupakan event yang diadakan oleh PT. Astra International Tbk dengan tujuan menjaring seluruh masyarakat khususnya anak muda dalam keberhasilannya memberdayakan lingkungan sekitarnya mulai dari Sabang sampai Merauke.

Anjani sebagai owner juga kerap melakukan strategi pemasaran dengan mengikuti event yang sekiranya dapat meningkatkan eksistensi bisnisnya. Seperti mengikuti event bazar, kelompok UMKM, Malang Fashion Week,  bahkan bekerjasama dengan pihak lain.

Batik Anjani 2

Produk yang dihasilkan bervariasi mulai dari kain batik, pakaian, sepatu, souvenir, bed cover, masker, dan masih banyak lagi. Selain menonjolkan Batik Bantengan sebagai primadona, Anjani juga menggunakan motif lain seperti merak dan kupu-kupu. Harga yang tersedia juga bervariasi, dari puluhan ribu bahkan sampai jutaan rupiah.

Produk dari Anjani Batik Galeri sudah dikenal oleh warga lokal maupun mancanegara. Selain membeli produk, mereka biasanya mengambil paket pelatihan untuk memperdalam cara membuat batik. Tentu saja, pelatihan tersebut bervariasi tergantung keinginan dari pengunjung. Dimana hal tersebut juga menghasilkan profit yang membantu mengembangkan usahanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES