Politik

Megawati Sebut Ada Kelompok Politik Cari Untung di Tengah Masa Sulit Akibat Pandemi Covid-19

Senin, 10 Januari 2022 - 21:00 | 38.73k
[Tengah] Megawati Soekarnoputri di HUT ke-59 PDI Perjuangan. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
[Tengah] Megawati Soekarnoputri di HUT ke-59 PDI Perjuangan. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam pidato HUT ke-49 PDI Perjuangan menyindir kelompok politik tertentu yang mencari keuntungan di tengah masa sulit Pandemi Covid-19 layaknya tumbuhan benalu.

Pernyataan Megawati itu disampaikan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir bersama Wapres KH Ma'ruf Amin, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta seluruh kader PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

“Selain itu saya melihat masih saja ada kelompok politik mencoba memancing di air keruh. Di luar itu ada juga suatu kelompok kepentingan yang bertindak bagaikan benalu yang menginduk pada inangnya atas nama pandemi. Mereka masih saja mencari keuntungan materi,” ucap Megawati.

Megawati menyebut, tantangan rakyat Indonesia saat ini lebih berat dibanding dahulu kala. Jika di era dahulu, corak perjuangan saat seperi diungkap Proklamator Ir. Soekarno (Bung Karno) adalah membangunkan kesadaran rakyat Indonesia untuk merdeka, tapi sekarang justru lebih berat.

Dalam konteks penanganan Covid-19, ketika Presiden Jokowi dengan susah payah bekerja keras untuk mengatasi pandemi Covid-19, demikian ungkap Megawati, masih saja tarik menarik kepentingan terjadi.

"Berbagai hal ini lah yang jadi kritik dan autokritik bangsa termasuk seluruh kader partai agar pandemi membawa persatuan erat antara pemimpin dan rakyat. Rakyat dan pemimpinnya masih kurang apa ya kalau saya lihat Pak Jokowi sampai ke daerah ketemu masyarakat," ujarnya.

Terlepas dari itu, Megawati memuji pemerintahan Presiden Jokowi berhasil membawa rakyat Indonesia keluar dari masa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19 berkat langkah-langkah tegas dan solutif.

"Hal ini tidak terlepas dari kuatnya dukungan rakyat yang menjadikan gotong royong sebagai senjata yang paling ampuh dan efektif di dalam menghadapi pandemi. Gotong royong adalah saripati Pancasila," tutur Megawati.

Guna memberikan dukungan atas berbagai capaian positif itulah, Megwati lalu memaparkan, mengapa dalam HUT ke-49 ini PDI Perjuangan dipilih tema 'Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya'.

Keyakinan PDI Perjuangan ini muncul, lanjut Megawati, karena belajar dari sejarah bangsa sendiri. Betapa bangsa Indonesia memiliki kekuatan kolektif untuk mampu keluar dari krisis. 

"Kuncinya terletak pada keyakinan pemimpin, pada kesatupaduan pemimpin dengan rakyat. Pada pembumian ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Pancasila adalah jalan bangsa Indonesia menuju masa depannya," ujar Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES