Ekonomi

Ketua DPRD Lampung Tengah Ingin Petani Percaya Diri Bangkitkan Sektor Pertanian

Senin, 10 Januari 2022 - 16:06 | 48.77k
Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Sumarsono saat melakukan penanaman padi bersama petani. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)
Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Sumarsono saat melakukan penanaman padi bersama petani. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMPUNG – Tak cukup hanya dengan bermodalkan nekat, Ketua DPRD Lampung Tengah, Sumarsono menginginkan perjuangan dalam menjadikan Kabupaten Lampung Tengah sebagai Lumbung Pangan Nasional juga harus dilakukan dengan optimis dan mandiri.

Sikap optimis ini diharapkan bisa menjadi daya dorong dan semangat bagi para petani di kampung-kampung supaya terus berinovasi mencari cara agar pertanian bisa terus tumbuh menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Dirinya menilai, kemajuan pertanian dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi alam, inovasi pengolahan lahan, hingga tata kelola hasil panen yang dilakukan dengan cara yang sebaik mungkin. Sehingga bisa meningkatkan kuantitas maupun kualitas hasil pertanian yang didapat.

"Pemerintah akan mendorong supaya para petani terus melakukan riset dan manajemen pengelolaan lahan yang baik, selain itu berbagai program ketahanan pangan juga akan kita jadikan sebagai senjata menyejahterakan para petani di kampung-kampung," kata Sumarsono kepada TIMES Indonesia, Senin (10/01/2022).

Ia juga menambahkan, sebagai wakil dari masyarakat di jajaran legislatif peran serta DPRD untuk menyerap aspirasi dari para petani merupakan langkah awal dalam menentukan program kedepannya, sehingga diperlukan kedekatan antara legislatif dan para petani.

Untuk itu dirinya rajin blusukan mengunjungi para petani yang ada di Kabupaten Lampung Tengah sebagai upaya komunikasi hingga melihat langsung permasalahan yang dialami oleh para petani. Agar nantinya bisa dijadikan bahan dalam membuat peraturan maupun program yang berpihak kepada para petani tradisional.

"Tentunya kita tahu permasalahan yang dialami oleh para petani sangat banyak sekali, jadi perlu adanya agenda turun langsung ke tengah-tengah mereka sebagai upaya mendengar pendapat hingga masukkan agar pertanian bisa terus maju," cetusnya.

Ke depannya ia berharap, berbagai macam pendampingan maupun program yang diberikan untuk para petani di Kabupaten Lampung Tengah bisa menambahkan wawasan maupun kesejahteraan para petani.

Melalui semangat gotong royong dan optimisme, Ketua DPRD Lampung Tengah ingin pertanian bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Lampung Tengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES