Politik

Dipuji Sukses Atasi Pandemi, Megawati Juga Kritik Presiden RI Jokowi Soal Harga Minyak Goreng

Senin, 10 Januari 2022 - 15:59 | 70.22k
Presiden RI Jokowi saat pembukaan Rakernas III PDI Perjuangan, Jumat, 23 Februari 2018. (FOTO: Dok. PDI Perjuangan)
Presiden RI Jokowi saat pembukaan Rakernas III PDI Perjuangan, Jumat, 23 Februari 2018. (FOTO: Dok. PDI Perjuangan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Megawati Soekrnoputri dalam pidato HUT ke-49 PDI Perjuangan memuji, sekaligus mengritik pemerintahan Presiden RI Jokowi(Joko Widodo).

Megawati memuji Presiden karena sukses membawa Indonesia keluar dari masa-masa kritis akibat Pandemi Covid-19, namun ia dikritik karena meroketnya harga minyak goreng di pasaran.

Diketahui, Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bersama jajarannya di Kabinet Indonesia Maju hadir secara virtual pada puncak perayaan HUT ke-49 PDI Perjuangan tersebut.

Berikut pujian dan kritik Megawati terhadap pemerintahan Presiden Jokowi yang disampaikan pada perayaan HUT ke-49 PDI Perjuangan, di Jakarta, Senin (10/1/2022).

Kritik Megawati

Megawati blak-blakan mengritik pemerintahan Presiden Jokowi karena dianggap belum bisa menyetabilkan harga bahan pokok menyusul meroketnya harga minyak goreng di pasaran.

"Saya sering lihat harga cabai sekian, minyak goreng sekian. Aneh betul saya, kok klasik amat ya," ucap Megawati melemparkan kritik.

Mengawati merasa aneh dengan meroketnya harga minyak goreng, cabai dan harga kebutuhan pokok lain yang masih belum teratasi sampai sekarang. 

Seingat Megawati, kenaikan harga bahan pokok yang tak terkendali ini merupakan persoalan klasik sejak Indonesia merdeka 76 tahun lalu.

"76 tahun merdeka masa sih begitu aja, gimana salahnya, ini auto kritik. Saya juga mengkrik ketika (masih) di DPR," tegasnya.

Pujian Megawati

Kendati demikian, Megawati memuji kinerja pemerintahan Presiden RI Jokowi berhasil membawa rakyat Indonesia keluar dari masa-masa sulit akibat Pandemi Covid-19.

Kata dia, di tengah kekhawatiran masyarakat dunia akan merebaknya varian baru Omicron, kepemimpinan Presiden Jokowi yang mampu merespon berbagai persoalan, terbukti mampu menggelorakan semangat untuk bangkit. 

"Hal ini tidak terlepas dari kuatnya dukungan rakyat yang menjadikan gotong royong sebagai senjata yang paling ampuh dan efektif dalam menghadapi pandemi. Gotong royong adalah saripati Pancasila," tuturnya. 

Guna memberikan dukungan atas berbagai capaian positif itulah, Megawati lalu memaparkan, mengapa dalam HUT ke-49 ini PDI Perjuangan dipilih tema 'Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya'.

Keyakinan PDI Perjuangan ini muncul, lanjut Megawati, karena belajar dari sejarah bangsa sendiri. Betapa bangsa Indonesia memiliki kekuatan kolektif untuk mampu keluar dari krisis.

Demikian pujian dan kritik Megawati terhadap pemerintahan Presiden RI Jokowi yang disampaikan dalam peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES