Kesehatan

dr Dewi Vironica: Kenali Efek Samping dari Vaksin Anak

Senin, 10 Januari 2022 - 14:13 | 48.91k
Ilustrasi vaksinasi  anak.
Ilustrasi vaksinasi anak.

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica menungkapkan, vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun tidak perlu dihawatirkan, dan itu harus bernar-benar diterapkan dan dilakukan di Kabupaten Probolinggo.

“Orang tua harus mendukung adanya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak yang sudah masuk sekolah. Para orang tua dapat aktif serta dalam memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid untuk anak. Sebab anak-anak sangat berisiko terinfeksi dan dapat pula menjadi carrier virus kepada orang tua dan kelompok rentan seperti lansia yang tinggal serumah,” kata Dewi Vironica, kepada TIMES Indoensia, Senin (10/1/2022).

“Dan orang harus mengenali manfaat dan efek samping dari vaksin tersebut,” Dewi menyebut, ada beberapa manfaat dan efek samping daripada vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun itu,” sambung dia.

Dewi menjelaskan, jenis vaksin yang digunakan untuk kegiatan ini adalah Sinovac atau jenis lain yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan 2 adalah 28 hari serta harus didahului proses skrining kesehatan sesuai format standar yang berlaku.

“Aspek khasiat dan keamanan vaksin Sinovac pada anak dinilai berdasarkan studi klinik di Cina dengan total subjek 1.050 anak yang menunjukkan penggunaan vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun aman dan dapat ditoleransi dengan baik,” terangnya dia.

Dewi menuturkan, ada beberapa gejala anak usai menerima suntikan vaksin Covid-19:

-Nyeri pada lengan bekas suntikan.
-Sakit kepala
-Nyeri otot
-Nyeri sendi
-Menggigil
-Mual atau muntah
-Rasa lelah
-Demam yang ditandai suhu di atas 37,8 derajat celcius.
-Demam mirip gejala mirip flu dan menggigil dapat terjadi selama 1-2 hari.

“Terkait efek pembentukan respons imun (imunogenisitas) vaksin ini pada anak usia 6-11 tahun, hasil pengamatan uji antibodi netralisasi 28 hari setelah vaksinasi dosis ke-2 menunjukkan angka seropositif dan serokonversi mendekati 100 persen. Berdasarkan hasil studi tersebut vaksin Sinovac dinilai aman dan memberikan respons imun yang baik bagi anak usia 6-11 tahun,” kata Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo tandas Dewi Vironica.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES