Kopi TIMES

Terobosan Baru Generasi Produktif di Era Digital

Senin, 10 Januari 2022 - 12:00 | 22.27k
Terobosan Baru Generasi Produktif di Era Digital
Dyah Pikanthi Diwanti; Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/; Mahasiswa Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bahasan menarik ketika menggali dan mengenal lebih dekat tentang hadirnya ragam generasi. Tak dipungkiri bahwa hadirnya generasi semakin mengenalkan akan keberadaan dan potensi yang dimiliki. Teori Generasi menguatkan sejarah dan rekam jejak dari aktivitasnya yang bertumbuh.

Suatu teori yang muncul pertama kali dari sosok sosiolog bernama Karl Mannheim di tahun 1923 mengenalkan bagaimana perilaku generasi bertumbuh. Melajunya waktu menghadirkan gagasan baru dari William Strauss dan Neil Howe (1991) tentang sejarah generasi masa depan.

Catatan panjang sejarah  merekam pula gagasan lain dari Graeme Codrington dan Sue Grant-Marshall di tahun 2004 yang menjelaskan tentang tumbuhkembangnya lima generasi yakni generasi Baby Boomer, generasi X, generasi Y (Milenial), generasi Z dan generasi Alpha. Karakteristik generasi ini muncul dengan pencirinya masing-masing hingga bertumbuhlah generasi produktif. Generasi produktif  termasuk di dalamnya generasi muda hadir dari kepaduan generasi yang bergerak dalam ruang ilmu dan karya. Generasi ini dihadapkan pada suatu masa yang mau tidak mau siap tidak siap melaluinya yakni hadirnya Era Revolusi Industri 4.0 atau yang akrab dikenal dengan era digital. 

Era digital hadir menjadi diskusi menarik dalam ragam bidang kehidupan. Bagaimana tidak, masa ini secara fundamental mengubah cara generasi dalam beraktivitas, bekerja, dan proses interaksi satu dengan yang lain. Kondisi perubahan yang komplek semakin membutuhkan kesiapan untuk berubah bagi generasi dalam menyiapkan keberlangsungan masa depan. Menurut seorang ahli bernama Zimmerman (2018) di Era Revolusi Industri 4.0 atau Era Digital ini ada kisaran 75% pekerjaan melibatkan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika serta internet sehingga menjadikan generasi sebagai modal utama atau asset penting dalam menbangun keberlangsungan sumber daya manusia suatu bangsa.

Pembangunan sumber daya manusia menjadi prioritas di Indonesia yang ditandai dengan laju pertumbuhan produktivitas sumber daya manusia sebagaimana data dari Asia Productivity Organization pada bulan September 2018 dimana Indonesia menempati posisi teratas dari pertumbuhan produktivitas terlambat di negara ASEAN tahun 2016 sekitar 1,37%. Realitas ini mendorong laju pertumbuhan di tahun-tahun berikutnya dimana data terbaru secara demografi menyebutkan bahwa berdasar data BPS tahun 2020 jumlah penduduk Indonesia hingga September 2020 tercatat sebanyak 270,20 juta jiwa.

Data tersebut menjelaskan bahwa komposisi penduduk di Indonesia didominasi oleh Generasi Z dan Milenial dengan jumlah masing-masing sebanyak 27,94 persen dan 25,87 persen. Realitas demografi ini menunjukan produktifitas generasi muda semakin meningkat sehingga mendorong generasi muda produktif dalam memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Hal ini dikuatkan sebagaimana pernyataan yang disepakati dari Word Development Forum, World Bank tahun 2019 yakni tentang perkembangan teknologi yang cepat telah merubah landscape kompetensi generasi yang diperlukan sehingga menjadi prioritas utama. Fenomena inilah menjadi pemantik awal diskusi tentang bagaimana membangun terobosan baru dari generasi produktif di era digital?

Ada beberapa strategi yang mampu menjadi pijakan bagi generasi produktf di era digital: Pertama, menerapkan mind share dimana dengan terbukanya tantangan dan peluang generasi di era digital ini akan memacu generasi produktif melalui potensi yang dimiliki untuk berkarya, membangun hello effect, branding dan meningkatkan produktivitas dengan mengembangkan kreativitas, inovasi sampai pada dataran komunikasi sebagai komponen utama kompetensi.

Realitas di era digital ini menunjukan bagaimana segenap aktivitas dapat dibantu dengan peran teknologi berupa alat atau mesin, namun demikian hal yang mendasar sejatinya ada pada  peningkatan keterampilan/ kompetensi generasi sebagaimana menurut Parray, ILO (2017) menjelaskan pentingnya generasi dalam meningkatkan kualitas keterampilan khususnya bagi angkatan kerja yang didominasi anak muda yakni dengan teknologi digital. Kedua, strategi berikutnya yakni market share dimana generasi akan terfokus pada lingkungan sosial yang akan mempengaruhi pola perilaku/ tindakan nyata sebagai terobosan baru seperti membangun jaringan atau mitra untuk berkolaborasi.

Dukungan pemerintah pada tahun 2022 dimana Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) mendorong dan berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital yang banyak diminati generasi dengan ragam target baru seperti program pengembangan startup / digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini menguatkan semakin pentingnya kecakapan sosial (social skiils) dalam bekerja bagi generasi dibutuhkan sebagai penguat bahwa teknologi ini mendorong hadirnya berbagai profesi baru bagi generasi produktif yang dikenal adaptif  terhadap hal baru. Ketiga, strategi lain yang dahsyat yakni heart share yang terfokus pada sense of belonging terhadap aktivitas yang generasi lakukan.

Aktivitas generasi produktif yang beragam sesuai bidang kompetensi perlu ditunjang dan diimbangi dengan penguatan pengetahuan tentang literasi digital misalnya bagaimana tata kelola literasi data, literasi teknologi dan literasi sumber daya manusia. Selain itu puncak dari membangun potensi yang ada pada generasi produktif  dalam menghadapi perubahan di era digital ini diantaranya kualitas karakter generasi akan semakin terasah seperti membangun kuatnya keingintahuan untuk belajar, inisiatif, kegigihan dalam berjuang dan kemampuan beradaptasi yang baik. Inilah esensi dari terobosan baru generasi untuk tetap produktif di era digital.

***

*) Oleh: Dyah Pikanthi Diwanti; Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; Mahasiswa Program Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Hadapi Krisis Rusia - Ukraina, Amerika Serikat Siagakan 8500 Tentara
    Hadapi Krisis Rusia - Ukraina, Amerika Serikat Siagakan 8500 Tentara
    25/01/2022 - 08:01
  • Dugaan Kuat Perbudakan Modern di Rumah Mantan Bupati Langkat
    Dugaan Kuat Perbudakan Modern di Rumah Mantan Bupati Langkat
    25/01/2022 - 07:34
  • Dua Kelompok Kapal Induk AS Berlatih Tempur di Laut China Selatan
    Dua Kelompok Kapal Induk AS Berlatih Tempur di Laut China Selatan
    25/01/2022 - 07:03
  • Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    25/01/2022 - 06:36
  • Pick Your Very Own Rambutan at Sugihan Lamongan
    Pick Your Very Own Rambutan at Sugihan Lamongan
    25/01/2022 - 05:45

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00

KOPI TIMES

  • Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    Dibutuhkan: Guru yang Digugu dan Ditiru
    24/01/2022 - 21:33
  • Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    Kebijakan Presidential Threshold Merupakan Kebebasan Pembentuk Undang-Undang
    24/01/2022 - 19:20
  • Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    Tingkatkan Kepedulian Pada keamanan Siber
    24/01/2022 - 14:59
  • Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    Ratu Terakhir Kerajaan Hawai’i
    23/01/2022 - 12:36
  • Belajar dari Kesabaran Megawati
    Belajar dari Kesabaran Megawati
    23/01/2022 - 08:27
  • Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa
    Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa
    22/01/2022 - 19:51
  • Keluarga Be(re)ncana
    Keluarga Be(re)ncana
    22/01/2022 - 13:45
  • Sebuah Konsep dalam Menghadapi Keberagaman di Era Disrupsi
    Sebuah Konsep dalam Menghadapi Keberagaman di Era Disrupsi
    22/01/2022 - 12:03

KULINER

  • Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    Rasakan Lezat dan Gurihnya Soto Betawi
    25/01/2022 - 06:36
  • Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    Rawon, Salah Satu Hidangan yang Terkenal di Jawa Timur
    24/01/2022 - 00:31
  • Bisa Jadi Lauk atau Camilan, Ini Resep Membuat Chicken Popcorn
    Bisa Jadi Lauk atau Camilan, Ini Resep Membuat Chicken Popcorn
    23/01/2022 - 06:14
  • Pempek, Makanan Tradisional Palembang Berbahan Ikan
    Pempek, Makanan Tradisional Palembang Berbahan Ikan
    23/01/2022 - 04:19
  • Kafe Kopi Siip Probolinggo Jadi Primadona Kalangan Pemuda
    Kafe Kopi Siip Probolinggo Jadi Primadona Kalangan Pemuda
    22/01/2022 - 19:15