Kesehatan

Tips Tetap Bugar di Usia 50 Tahun Ala Binaragawan Tri Hadi Sukoco

Senin, 10 Januari 2022 - 10:00 | 136.02k
Tri Hadi Sukoco, peraih medali emas pada ajang Body Building Competition Kelas Veteran Indonesia Open 2008 di Blitar Jawa Timur. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Tri Hadi Sukoco, peraih medali emas pada ajang Body Building Competition Kelas Veteran Indonesia Open 2008 di Blitar Jawa Timur. (FOTO: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh akan  berangsur-angsur menurun. Mulai dari tumbuh keriput di wajah sampai melemahnya sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah terserang penyakit. Kendati begitu, ada lho tips yang bisa dilakukan sehari-hari agar tetap sehat dan bugar di usia 50 tahun ke atas.

Tri Hadi Sukoco, peraih medali emas pada ajang Body Building Competition Kelas Veteran Indonesia Open 2008 di Blitar Jawa Timur mengatakan, rahasia agar tubuh tetap fit dan prima adalah menjaga keseimbangan dalam hidup.

"Kita hidup itu harus seimbang, dari mulai keseimbangan lahir dan batin, pola makan, olahraga dan istirahat," ujarnya saat ditemui TIMES Indonesia di Nusantara Fitnes Center, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (10/1/2022).

Yang terpenting, lanjut Tri Hadi, pola makan sangat penting untuk dijaga, seperti mengurangi asupan minyak, garam dan gula. Serta menjaga makanan sehari-hari tetap seimbang dengan asupan yang memenuhi gizi dan zat pembangun untuk tubuh.

Seperti makanan yang memiliki kandungan untuk sumber energi dalam tubuh yang kaya akan karbohidrat. Di antaranya nasi, jagung, kentang, umbi-umbian dan masih banyak lagi. Serta protein yang merupakan zat pembangun untuk tubuh yang terdapat pada telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

"Apa yang kita makan, itu akan jadi cerminan diri dan kesehatan tubuh kita. Jadi kita tidak boleh makan daging-dagingan saja, harus seimbang seperti sayuran, buah-buahan, susu, daging, nasi untuk karbohidratnya serta jangan lupa minum satu sendok makan minyak zaitun setiap hari," jelasnya.

Tips selanjutnya adalah bagaimana mengatur pola olahraga. Untuk olahraga pada umunya dapat dilakukan dengan menerapkan pola 2 hari berolahraga dan 1 hari untuk istirahat. Bisa olahraga indoor atau outdoor seperti senam, jogging, dan juga fitnes di pusat olahraga terdekat.

"Fitnes pun untuk lansia juga boleh, namun juga harus didampingi oleh instruktur atau trainer fitnes yang bersertifikat. Entah apa pun kondisinya. Usahakan jangan pernah lupa untuk berolahraga, karena itu membantu kita menjaga kondisi dan mengeluarkan racun dalam tubuh," tutur Tri Hadi yang juga merupakan salah satu trainer di Nusantara Fitnes Center.

Tips yang terakhir adalah bagaimana menjaga kesehatan mental. Dengan kata lain, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

"Untuk Kesehatan mental dan batin, kita tetap perlu beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Selanjutnya meditasi, atau mendengarkan nasihat-nasihat bijak yang meningkatkan kualitas mental kita, termasuk melewatkan waktu bersama keluarga untuk rekreasi," terang binaragawan berusia 58 tahun tersebut.

Untuk menjaga keseimbangan batin, Tri Hadi Sukoco yang juga pengasuh dari Pondok Pesantren Kasyfu Al Mahjub, mengajarkan ilmu agama kepada anak asuhnya. "Siang hari saya melakukan olahraga, dan malamnya saya memperdalam ilmu agama di pondok saya," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES