Gaya Hidup

Jarang Disadari, Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Senin, 10 Januari 2022 - 08:55 | 42.43k
Ilustrasi. Jerawat di Punggung. (Foto:orami)
Ilustrasi. Jerawat di Punggung. (Foto:orami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Munculnya jerawat di punggung tentunya sangat mengganggu. Mulai dari rasa gatal, sensasi tak nyaman hingga berkurangnya rasa percaya diri. 

Sebenarnya apasih penyebab munculnya jerawat di punggung. Rupanya kebiasaan sehari-hari yang jarang kita sadari menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung. 

Kebersihan badan merupakan kunci utama untuk menghindari munculnya jerawat di punggung. Jarang mencuci handuk menjadi salah satu penyebabnya. Handuk yang lembap akan meninggalkan bakteri di tubuh kita, salah satunya punggung. Jadi jangan lupa selalu jemur handuk di bawah sinar matahari ya. Dan jangan lupa cuci handuk sedikitnya 3-4  kali dalam sepekan.

Beberapa jenis bahan pakaian juga dapat memicu jerawat di punggung. Pilihlah pakaian dengan bahan yang menyerap keringat. Hindari pula pakaian yang ketat. Sebab pakaian yang ketat membuat kulit penggung sulit "bernapas". Padahal kulit penggung salah satu bagian tubuh yang menghasilkan banyak keringat.

Selain pakaian, kebersihan tempat tidur juga mempengaruhi kesehatan kulit punggung. Ya, Anda harus rajin membersihkan tempat tidur dan mengganti seprai secara rutin. Saat itu tanpa kita sadari keringat akan keluar, dan kulit mati akan berfesekan dengan seprai. Dari situlah bakteri timbul dan menyebabkan masalah kulit terutama di punggung. Som jangan malas ganti seprai ya. 

Seperti jerawat di wajah, munculnya jerawat di punggung juga dipengaruhi oleh hormon. Kalau itu masalahnya, tenang saja secara alami jerawat akan menghilang sendiri. Namun jika jerawat tak kunjung sembuh, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. 

Sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan untuk mengurangi timbulnya jerawat. Seperti makanan yang asin, pedas dan terlalu manis. Perbanyak makan makanan berserat tinggi dan kaya vitamin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES