Wisata

Menikmati Keindahan Alam Pacitan dari Puncak Gunung Sepang

Senin, 10 Januari 2022 - 06:21 | 217.06k
Puncak Gunung Sepang Pacitan yang cocok untuk mendaki. (Foto: Imdad For TIMES Indonesia)
Puncak Gunung Sepang Pacitan yang cocok untuk mendaki. (Foto: Imdad For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANKeindahan alam Pacitan, Jawa Timur seolah tidak ada habisnya. Kota yang berjuluk seribu satu goa ini juga memiliki tempat yang cocok untuk mendaki. Bernama Gunung Sepang di Kecamatan Tulakan dan menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah. 

Tak jarang banyak anak muda yang sengaja meluangkan waktu akhir pekan di sini. Seperti diungkapkan Imdad Syarif (26). Puncak Gunung Sepang menjadi pilihan mendaki saat liburan bersama teman-temannya. 

"Pemandangan alam Pacitan terlihat jelas dari puncak Gunung Sepang. Ditambah udaranya sangat sejuk. Kami sengaja berkemah kalau libur akhir pekan," katanya, Minggu (9/1/2022). 

Gunung Sepang 2Panorama keindahan alam Pacitan dari Puncak Gunung Sepang. (Foto: Imdad For TIMES Indonesia)

Selain itu, dataran puncak Gunung Sepang cukup luas sehingga para pendaki biasanya membawa perlengkapan tenda untuk berkemah sambil memandang hamparan laut sebelah selatan Kota Pacitan. 

"Tenda bawa dari rumah. Camping di waktu pagi maupun sore juga cocok, udaranya sangat sejuk karena dikelilingi hutan asri. Yang paling mempesona itu view Pantai sebelah selatan," terang Imdad yang juga mahasiswa pecinta alam di kampusnya. 

Agar bisa sampai ke puncak, para pendaki membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan. Dari pusat Kota Pacitan berjarak sekitar 45 kilometer bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau dua. 

"Kalau mau ke puncak, harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer melewati jalan rabat cor dari SDN 1 Tulakan, tanjakannya cukup curam dan harus melewati hutan. Tapi kalau bareng-bareng jadi asyik," jelasnya. 

Gunung Sepang 3Suasana sejuk di atas Puncak Gunung Sepang Pacitan. (Foto: Imdad For TIMES Indonesia)

Uniknya, kawasan Gunung Sepang terbagi menjadi empat wilayah lereng, yakni Dusun Tembelang Desa Tulakan, Dusun Sriten Desa Wonoanti, Dusun Gadungan Desa Padi dan Dusun Pagerejo Desa Bungur. Keempat dusun tersebut merupakan lembah di bawah kaki Gunung Sepang yang masih asri. 

Perlu diketahui, supaya perjalanan anda tetap aman dan nyaman, disarankan mendaki di saat tidak turun hujan karena jalannya sangat licin. Jika cuaca cerah, anda bisa mengabadikan fenomena indah sunrise pagi hari atau sunset sebelum matahari tenggelam. Itulah cara menikmati keindahan alam Pacitan yang indah dari puncak Gunung Sepang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES