Ekonomi

Puan Maharani Minta Pemerintah Contoh Malaysia Sukses Stabilkan Harga Minyak Goreng

Minggu, 09 Januari 2022 - 16:43 | 45.88k
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (FOTO: DPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengambil langkah konkret untuk mengatasi persoalan kenaikan harga minyak goreng di pasaran yang masih di kisaran Rp20.000 per liter.

Tingginya harga minyak goreng di Tanah Air ini, demikian kata Puan, menjadi ironi karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia.

"Negara harus bisa memastikan rakyat dapat menikmati hasil bumi Tanah Airnya tanpa kesulitan," ucap Puan dalam keterangan resmi diterima TIMES Indonesia di Jakarta, Minggu (9/1/2022).

Puan lalu menyinggung negara tetangga, Malaysia yang memberikan subsidi minyak goreng sehingga harganya hanya RM 2,5 atau sekitar Rp8.500 per kilogram untuk kemasan sederhana.

Karena itu, legislator Frakai PDI Perjuangan ini mendesak pemerintah Indonesia bisa mencontoh Malaysia yang mampu menstabilkan harga minyak goreng karena subsidi pemerintah.

 Di sisi lain, Puan juga mendukung langkah anak usaha holding perkebunan PT Industri Nabati Lestari (INL) yang sedang mengembangkan produksi turunan minyak sawit.

INL mengeluarkan merek minyak goreng ekonomis seharga Rp14.000 per liter sesuai dengan harga acuan yang ditetapkan Pemerintah.

"Merek minyak goreng ini dapat menunjang kebijakan pemerintah yang menargetkan 1,2 juta liter minyak goreng subsidi untuk menekan lonjakan harga," ujarnya.

Meski demikian, Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar minyak goreng kemasan ekonomis INL segera beredar di seluruh wilayah Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES