Kesehatan

Pemkot Malang Targetkan Kasus Stunting di 2022 Nol Persen

Minggu, 09 Januari 2022 - 15:53 | 74.38k
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tugas berat harus dilakukan Pemerintah Kota Malang (Pemkot Malang). Sebab, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, ditargetkan angka stunting di tahun 2022 ini harus bisa mencapai nol persen.

Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, keyakinan target tersebut bisa diukur pada tahun 2021 lalu yang dimana angka stunting berhasil ditekan hingga 9,1 persen.

"Jumlah itu menurun drastis dibandingkan tahun 2020 yang berada di angka 14 persen," ujar Husnul, Minggu (9/1/2022).

Namun, Husnul belum mengetahui jumlah penurunan angka stunting tersebut masuk pada urutan berapa se Jawa Timur.

Akan tetapi, lanjut Husnul, ia optimis bisa turun sesuai target. Apalagi, jika dilihat dari penurunan kasusnya, kini telah melampaui target Jawa Timur di angka 20 persen.

"Tentu target nol persen ini kami pantau dengan intervensi. Jumlah bayi yang masih stunting di Kota Malang ada 1.600 (bayi)," ungkapnya.

Untuk mensukseskan penekanan angka stunting hingga nol persen di Kota Malang, Husnul terus menguatkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Tak hanya peran dari setiap Perangkat Daerah, tentu lanjut Husnul, peran 16 Puskesmas di setiap wilayah Kota Malang juga perlu digenjot untuk mensukseskan penekanan angka stunting di Kota Malang.

"Kendala kami selama ini adalah usia dengan bobot badan tidak proposional. Itu kami cegah sejak awal pernikahan pengantin," katanya.

Senada dengan komitmen tersebut, Wali Kota Malang, Sutiaji sebelumnya juga telah meminta penanganan kesehatan bisa berjalan beriringan dengan sektor ekonomi.

Ia juga meminta target zero stunting bisa terlaksana dengan sinergitas antar OPD untuk mendukung program Dinkes Kota Malang.

"Saya juga sudah minta Dinsos mengawal kemiskinan. Komitmen kita di tahun 2022 ini terkait kesehatan dengan ekonomi bisa terbangun dengan baik," tandasnya terkait target nol persen angka stunting di Kota Malang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES