Wisata

Wisata Gentong Mas, Destinasi Wisata Ikonik di Malang Timur

Minggu, 09 Januari 2022 - 15:20 | 211.82k
Suasana kolam anak di destinasi Wisata Gentong Mas. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Suasana kolam anak di destinasi Wisata Gentong Mas. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG –  

Destinasi wisata di Kabupaten Malang terus bertambah. Terbaru, ada wisata ikonik di wilayah Malang Timur, Desa Sukolilo, Wajak Kabupaten Malang. Destinasi wisata tersebut bernama Wisata Gentong Mas.

Wisata Gentong Mas memadukan wisata alam serta buatan. Di obyek wisata tersebut menyuguhkan pemandangan alam luar biasa. Selian itu, juga terdapat beberapa wahana maupun fasilitas pendukung lainnya.

Diantaranya, kolam renang, area outbound, area perkemahan, bumi perkemahan dan taman. Selain itu juga ada sumber maupun mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

Wisata Gentong Mas b

Selain itu, di tempat tersebut juga ada panggung seni yang dapat digunakan untuk penampilan aneka kesenian tradisional, salah satunya adalah ludruk. Tidak hanya itu, juga ada area Playground yang bisa digunakan anak-anak.

Kepala Desa Sukolilo, Joni Arifin mengatakan, penamaan destinasi wisata tersebut mengambil nama Wisata Gentong Mas bukan tanpa alasan. Karena memiliki nilai historis terkandung di dalamnya yang berkaitan desa tersebut.

"Menurut sejarah, Desa Sukolilo ini merupakan desa pertama di Wajak. Saat masa penjajahan dulu, desa diserang oleh Belanda. Kemudian kepala desa pertama menyimpan atau menyembunyikan beras di Gento Mas," ujar Joni kepada TIMES Indonesia, Minggu (9/1/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, saat menyimpan beras di Gentong Mas tersebut, ternyata tidak habis-habis. Kemudian oleh tokoh masyarakat atau kades pertama di sini membagikan beras tersebut kepada masyarakat.

Wisata Gentong Mas c

"Berawal dari sejarah atau kepercayaan masyarakat tersebut, sepakat menamakan destinasi wisata ini Gentong Mas," ungkapnya.

Dia menyebutkan, Gentong Mas didirikan sejak tahun 2019 silam. Sedangkan untuk pengunjungnya dari berbagai daerah. Ada dari Surabaya, hingga Pasuruan.

"Berbagai event sering diadakan di tempat ini. Mayoritas kegiatannya kami melibatkan Milenial. Sedangkan pertunjukan tradisional kami gelar di tempat ini, karena ada panggung seni," urainya.

Menurutnya, wisata Gentong Mas merupakan destinasi wisata ikonik di Malang timur. "Karena dekat dengan perkotaan dan juga di sini tempatnya sentra budidaya rumput," sebutnya.

Menurutnya, antusiasme wisatawan berwisata di Wisata Gentong Mas sangat tinggi. Dalam penerapannya, destinasi wisata ikonik di Malang Timur ini menggunakan Prokes Ketat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES