Ekonomi

Soal Harga Minyak Goreng, INKOPASS Dukung Langkah Presiden RI Jokowi

Minggu, 09 Januari 2022 - 06:02 | 50.63k
Ketua Hubungan Antar Lembaga INKOPASS Andrian Lame Muhar, SE, Msi (Foto: Joko/TIMES Indonesia)
Ketua Hubungan Antar Lembaga INKOPASS Andrian Lame Muhar, SE, Msi (Foto: Joko/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi meminta Kementerian Perdagangan untuk menyikapi nainya harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng di pasar.

“Saya dengar pemerintah, atas perintah Presiden Joko Widodo, Kemendag mulai meluncurkan program harga minyak goreng dengan harga Rp14.000.  Itu hal positif,” kata Ketua Hubungan Antar Lembaga INKOPASS Andrian Lame Muhar, S.E, Msi, kepada wartawan, Sabtu (8/1/2022) di Jakarta.

Ia juga mengapresiasi langkah Presiden yang merespons sangat cepat. “Presiden merespons cukup baik, dengan adanya sembako naik, beliau meminta Kemendag membantu masyarakat di bawah agar harga stabil,” tandasnya.

Ia melanjutkan, Presiden juga harus tegas agar semua kementerian terkait merespons hal itu sehingga harga kebutuhan cepat turun. “Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan baik,” urainya.

Menurut Andrian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar harga kebutuhan pokok kembali stabil yaitu :

Pertama, pemerintah harus memiliki data, barang mana di pasar yang harganya melambung tinggi. Kedua, pemerintah harus punya langkah kongkrit untuk menurunkan harga tersebut serta ketersediaan barang jangan sampai langka.

“Pemerintah punya kekuatan dan regulasi untuk melakukan hal itu. Terutama untuk barang dari dalam negeri. Kalau barang dari luar negeri, memang harganya sudah diatur dari pihak luar negeri,” terangnya.

Namun, ucapnya, pemerintah harus punya cara dan langkah dalam membina hubungan bilateral dengan negara pengimpor tersebut agar harganya bisa murah.

INKOPASS bahkan terus mendorong pemerintah agar melakukan tindakan cepat dan terukur untuk menanggulangi lonjakan harga kebutuhan pokok tersebut.

“Saya akui, INKOPASS sudah berusaha mencari sumber barang yang murah dan berkualitas. Sehingga bisa diborong INKOPASS dan dilepas ke anggota,” paparnya.

Andrian berharap apa yang disuarakan INKOPASS ditanggapi dengan baik oleh pemerintah, yaitu dengan membantu pedagang pasar, sehingga pedagang mendapatkan harga kebutuhan pokok (termasuk minyak goreng) yang terjangkau sehingga pedagang tidak kesulitan menjual barangnya dan pelanggan bisa membeli dengan harga yang terjangkau.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES