Pendidikan

Edukasi Seputar Depresi, UB Gelar Talkshow Kesehatan Mental

Sabtu, 08 Januari 2022 - 20:46 | 59.46k
Talkshow Kesehatan Mental oleh Universitas Brawijaya dalam rangka Dies Natalis ke-59 secara hybrid. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Talkshow Kesehatan Mental oleh Universitas Brawijaya dalam rangka Dies Natalis ke-59 secara hybrid. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangka Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaya (UB) menggelar Talkshow kesehatan mental. Kegiatan ini berlangsung hybrid di Auditorium Algoritma Fakultas Ilmu Komputer UB, Sabtu (8/1/2022).

Talk Show Kesehatan Mental bertajuk “Healing Therapy” menghadirkan narasumber Secretary General Asian Federation of Psychiatric Associations Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr Herman Tolle, mengatakan bahwa Talkshow ini merupakan rangkaian dari tiga kegiatan yang dilakukan maraton selama satu hari penuh.

"Acara kita ada tiga, yakni pertandingan Trofeo sepak bola UB All Stars, IKA UB dan Bank Jatim. Ada Talkshow kesehatan mental, dan temu alumni malam ini," katanya kepada TIMES Indonesia.

Dalam waktu bersamaan, pihaknya juga meluncurkan gerakan Sahabat Mendengar. Gerakan ini untuk menyikapi maraknya kejadian depresi mahasiswa yang beberapa waktu lalu melibatkan mahasiswi UB bunuh diri.

Gerakan ini kada Herman sesuai dengan peraturan pemerintah dan peraturan Rektor. Di UB sendiri telah ada unit layanan terpadu kekerasan seksual dan perundungan.

"Kita mencari mahasiswa untuk volunteer. Mereka kita bekali psikologis secara umum untuk menjadi partnet mahasiswa yang mempunyai masalah. Harapannya mereka punya temen sharing meringankan beban," ungkapnya.

Dokter Nova Riyanti Yusuf yang akrab disapa Noryu memang mengapresiasi gerakan Sahabat Mendengar. Namun, ia menekankan pentingnya keberlanjutan dalam sebuah program seperti ini.

“Sebisa mungkin dilakukan monitoring dan evaluasi serta ada action research yang mengawal program ini. Agar ada program ini bisa sustain dan bisa menjadi contoh bagi universitas lain untuk juga membentuk program-program peduli kesehatan mental semacam ini,” katanya.

Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaya (UB) padat dengan berbagai kegiatan. Sabtu (8/1/2022) ini akan dimeriahkan konser virtual pada temu alumni yang berlangsung hybrid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES