Pemerintahan

Kala Camat di Surabaya Jaga Balai RW Malam Hari, Siap Bantu Urusan Warga

Jumat, 07 Januari 2022 - 22:41 | 58.07k
Suasana Balai RW yang 'hidup' dengan pelayanan camat atau lurah pada malam hari. (FOTO: Kominfo Surabaya/TIMES Indonesia)
Suasana Balai RW yang 'hidup' dengan pelayanan camat atau lurah pada malam hari. (FOTO: Kominfo Surabaya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pasca mendapat perintah serius dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk bekerja serius melayani warga, sejumlah camat dan lurah mulai menunjukkan kinerjanya dengan berkantor di balai-balai RW.

Salah satunya ditunjukkan Camat Sawahan, M Yunus yang sudah turun ke kantor-kantor kelurahan dan balai RW sejak Kamis (6/1/2022) malam.

"Jadi untuk pembagian peran, setiap hari lurah dan jajarannya memberikan pelayanan di masing-masing RW. Sementara saya (camat) dan teman-teman, berpindah dari satu RW ke RW lain," ungkap Yunus, Jumat (7/1/2022).

Pria yang juga dikenal dengan julukan New Man ini menyebut kebanyakan warga melakukan pengambilan e-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), pengurusan surat pengantar nikah, hingga konsultasi waris.

"Semoga ke depan masyarakat bisa lebih merasakan manfaat kemudahan pelayanan di Balai RW," harapnya.

Sejumlah pengurusan administrasi kependudukan, konsultasi dokumen warga hingga izin domisili usaha dapat dilakukan di Balai RW. Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Arief Boediarto menyampaikan apresiasi kepada para camat dan lurah yang telah melakukan pelayanan turun ke bawah.

"Dipilih waktu malam hari karena kebanyakan warga kalau pagi hingga sore kan kerja. Jadi selain pelayanan, juga agar terjadi kedekatan hubungan batin antara warga dan para pemimpin di wilayah tersebut. Sesuai dengan arah Pak Wali Kota," kata Arief.

Suasana Balai RW b

Dengan begitu, apabila ditemukan permasalahan di warga dapat segera dirumuskan solusinya pada tingkat kelurahan atau kecamatan. "Jadi penyelesaian masalah di lapangan akan lebih cepat," jelasnya.

Pihaknya pun memberikan kebebasan kepada camat dan lurah untuk mengatur jadwal berkantor di Balai RW. Sebab, hal tersebut tentu juga menyesuaikan situasi dan kondisi warga di masing-masing wilayah.

"Jadi kita berikan camat dan lurah untuk menyesuaikan, mengatur waktunya. Karena setiap wilayah memiliki kondisi-kondisi tertentu yang tidak bisa disamakan," jelasnya.

Minimal para camat dan lurah di Surabaya dalam satu pekan memberikan dua kali pelayanan di Balai RW. Kebijakan ini merupakan langkah konkret atas janji kampanye Wali Kota Eri Cahyadi mendekatkan pelayanan publik kepada warga.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES