Wisata

Mau Nikmati Suasana Kota Jogja, Ikuti Gowes Dodolan Kampung

Jumat, 07 Januari 2022 - 21:24 | 57.11k
Suasana goweser ketika keliling kampung di Kota Yogyakarta. (FOTO: Pemkot Yogyakarta)
Suasana goweser ketika keliling kampung di Kota Yogyakarta. (FOTO: Pemkot Yogyakarta)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Bagi Anda yang ingin menikmati suasana Kota Yogyakarta, kini Anda dapat menikmatinya dengan cara bersepeda bersama atau Gowes Dodolan Kampung.

Bersepeda sambil menikmati suasana Jogja yang digagas Pemerintah Kota atau Pemkot Yogyakarta ini mengambil rute gang-gang sempit kampung. Bahkan, pesepeda dapat menikmati suasana bangunan cagar dan berbagai pusat kerajinan yang ada di Kota Yogyakarta atau Kota Jogja.

Diantara rute yang dapat diambil dari Balai Kota Yogyakarta menuju ke Kelurahan Prenggan. Rute ini akan melewati gang-gang jalan kampung dan potensi bangunan cagar budaya di Kampung Prenggan. Yaitu, bangunan pendopo seperti Pendopo Kajengan, Pendopo Sopingen, rumah joglo, rumah adat limasan dan Masjid Perak Kotagede.

“Jangan lupa, saat gowes keliling kampung di Kota Jogja selalu taati dan patuhi protokol kesehatan. Selama dalam perjalanan gowes wajib memakai masker,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Retnaningtyas di sela-sela mengikuti Gowes Dodolan Kampung, Jumat (7/1/2021).

Bagi pejabat Pemkot Yogyakarta, kegiatan Dodolan Kampung dimanfaatkan untuk menyapa masyarakat yang tinggal di kampung- kampung Kota Yogyakarta. Para pejabat tersebut dapat untuk melihat berbagai potensi dan permasalahan di kampung secara langsung.

“Sehingga, para pejabat organisasi perangkat daerah teknis memperoleh masukan langsung dari masyarakat untuk dijadikan program kerja. Ngaruhke masyarakat sekaligus kampung, melihat potensi- potensi di kampung- kampung tiap kelurahan,” terang Retnaningtyas.

Ketua RW 10 Prenggan sekaligus anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Prenggan, Ismunandar mengaku senang dengan program Pemkot Yogyakarta yang menjadi Kampung Prenggan sebagai kunjungan para goweser. Sebagai pelaku wisata Himpunan Pramuwisata Indonesia(HPI) Yogyakarta, ia berharap kegiatan dapat dijangkau masyarakat luas.

“Masyarakat luar Jogja yang ingin menikmati suasana Jogja bisa ikut program Gowes Dodolan Kampung yang digagas oleh Pemkot Yogyakarta ini,” tandas Ismunandar.

Ketua Kampung Wisata Prenggan, Wiwik mengatakan, potensi wisata yang ada di Kampung Prengan cukup banyak. Mulai dari bangunan cagar budaya hingga kuliner khas Kotagede seperti kipo, yangko, ukel dan legomoro.

“Untuk mendukung Program Gowes Dodolan Kampung yang digagas oleh Pemkot Yogyakarta ini, di Kampung Prenggan, Kota Jogja ini sudah ada homestay. Sudah ada paket-paket wisata kampung Prenggan yang bisa diakses di Jogja Smart Service. Gowes menikmati suasana Jogja ini adalah salah satu kegiatan yang bisa kami terima untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat,” terang Wiwik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES