Pendidikan

Hormati Mayat Kadafer, Rektor UB Resmikan Monumen Dwija Monabrata Pratistha

Jumat, 07 Januari 2022 - 19:40 | 56.13k
Monumen Dwija Monabrata Pratistha milik Universitas Brawijaya. (Foto: Humas UB)
Monumen Dwija Monabrata Pratistha milik Universitas Brawijaya. (Foto: Humas UB)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S., meresmikan Monumen Dwija Monabrata Pratistha, Jumat (7/1/2021).

Monumen Dwija Monabrata Pratistha diletakkan di kompleks pemakaman UB Karang Ploso Kabupaten Malang. Selain monumen, jenazah yang sudah selesai digunakan dikuburkan di lokasi tersebut.

Monumen tersebut untuk memberikan penghormatan terhadap jenazah yang dijadikan kadafer bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Dekan FK UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, SpA,(K), M.Si, Med. Ia menjelaskan Dwija Monabrata Pratistha bermakna Guru Bersemayam Dalam Diam.

"Meskipun mereka adalah jenazah tapi sudah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa FK sehingga kita sebut sebagai guru yang bersemayam dalam diam," ujarnya.

Menurutnya, seorang dokter harus tahu anatomi tubuh manusia yang sesungguhnya karena hal tersebut tidak bisa hanya belajar buku saja.

Monumen-Dwija-2.jpg

"Kadafer tersebut bukan sampah atau apa.  Itu adalah jenazah sehingga kita melakukan proses yang sesuai dengan agama. Kita kuburkan di kompleks pemakaman UB," jelasnya.

Selain Monumen Dwija Monabrata Pratistha, Rektor dan Dekan FK juga meresmikan Masjid Nuursy Syifa dan Ruang Research Innovation Public Service And Publication Information (RIIPI) serta Lab and Dep Ilmu Faal.

"Masjid Nuursy Syifa artinya cahaya penyembuh. Harapannya kita lulusan FK bisa menjadi tenaga kesehatan dalam membantu penyembuhan pasien. Selain itu, diharapkan melalui pembangunan masjid ini civitas akademika FK senantiasa tidak hanya sehat secara fisik tapi juga spiritual," kata dr. Wisnu.

Senada dengan Dekan FK, Rektor menambahkan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi juga mengembangkan ilmu ilmu berkaitan dengan agama.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya masjid digandeng dengan persemian lab bisa dikawinkan kepentingan agama dengan ilmu sehingga bisa menjadi sangat baik," kata Rektor UB saat peresmian Monumen Dwija Monabrata Pratistha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES