Tekno

E-KTP Akan Jadi Aplikasi di Smartphone

Jumat, 07 Januari 2022 - 11:03 | 159.66k
Kemendagri bakal uji coba e-KTP digital. (FOTO: dok TI)
Kemendagri bakal uji coba e-KTP digital. (FOTO: dok TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah terus melakukan inovasi. Hal ini karena tuntutan teknologi yang tak bisa dibendung. Terbaru, Kemendagri bakal uji coba E-KTP digital. Nantinya, dokumen kependudukan tersebut langsung tersimpan dalam smartphone.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zidan Arif Fakrulloh menyampaikan, nantinya dokumen kependudukan tersebut akan jadi satu aplikasi dengan kartu vaksin, NPWP hingga identitas kepegawaian lainnya.

Lalu bagaimana dengan masyarakat yang belum memiliki smartphone dan belum melek teknologi? "Kalau tidak (punyak) HP bagaimana? Banyak (tempat) yang tidak ada jaringannya bagaimana? Ini teman-teman saya beri tahu," ucapnya dilihat dari YouTube pribadinya Jumat (7/1/2022).

Ia menjelaskan, pihaknya nantinya akan membuka pembuatan identitas tersebut dengan dua jalur. Yakni jalur digital dan pelayanan manual untuk identitas fisik. "Rencana (digital) ini secara bertahap," jelasnya.

Ia menyebut, nanti dalam bentuk digital akan tergabung dalam satu aplikasi identitas digital yang terdiri dari data keluarga, dokumen kependudukan hasil vaksin Covid-19, NPWP, kepemilikan kendaraan dan status pegawai.

Nantinya, lanjut dia, E-KTP digital tersebut akan diterbitkan langsung oleh kementerian melalui Ditjen Dukcapil yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan diterbitkan melalui pelayanan adminduk dan pelayanan pengguna secara online. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES