Pemerintahan

Pemkot Pagaralam Mendapat Skor Paling Rendah pada Penerapan SPBE

Jumat, 07 Januari 2022 - 10:51 | 106.72k
Kantor Wali Kota Pagaralam, Sumatra Selatan. (FOTO: Dok balaputradewa)
Kantor Wali Kota Pagaralam, Sumatra Selatan. (FOTO: Dok balaputradewa)

TIMESINDONESIA, PAGARALAMPemkot Pagaralam mendapatkan hasil penilaian dan evaluasi paling terendah dari Kota/Kabupaten se Sumatra Selatan terhadap penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Wali kota Pagaralam, Alpian Maskoni Jumat (7/1/2022) mengungkapkan, tahun lalu berdasarkan hasil evaluasi nilai rilis SPBE yang dikeluarkan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pagaralam mendapat peringkat 17, paling akhir, jauh lebih rendah dari semua Kota/Kabupaten di Sumsel. Untuk itu, ia meminta semua OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam bersama-sama memperbaiki dan mempersiapkan apa saja diperlukan, sehingga bisa menerima hasil yang memuaskan, mendapat nilai lebih baik lagi.    

“Tahun 2021 kita mendapat nilai 1,06 dan mendapat peringkat terakhir. Saya minta Kominfo dan dinas terkait berkoordinasi ke masing-masing OPD, mengintegrasikan data-data berbasis elektronik, supaya lebih efesien dan efektif sesuai semangat reformasi birokrasi,” tegasnya.

Sementara itu Sekda Kota Pagaralam, Samsul Bahri mengatakan; menindaklanjuti instruksi Wali Kota, Pemkot Pagaralam akan membentuk Tim Koordinasi SPBE, guna mempersiapkan kebijakan. Mulai dari kebijakan internal, tata kelola, kelembagaan, perencanaan, layanan administrasi pemerintahan serta layanan publik seperti pengaduan masyarakat dengan berbasis elektronik.

“Tim ini nantinya melakukan koordinasi penerapan semua kebijakan, termasuk program kerja Pemerintah Kota Pagaralam dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pasalnya, diakui selama ini semuanya masih dilakukan secara manual. Selain terkendala jaringan, juga sistem yang belum terkoordinasi secara elektronik sesuai Tupoksi di semua OPD,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES