Pendidikan

SD Al Irsyad Kota Batu Launching Buku Karya 499 Siswa

Kamis, 06 Januari 2022 - 23:24 | 120.17k
Curhatan para siswa selama menjalani proses BDR dibuat satu karya tulis kemudian dibukukan oleh Tim Literasi Sekolah. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Curhatan para siswa selama menjalani proses BDR dibuat satu karya tulis kemudian dibukukan oleh Tim Literasi Sekolah. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ada cara menarik untuk memotivasi anak membuat karya ditengah proses belajar mengajar secara daring. Hari ini (6/1/2021) Sekolah Dasar Plus Al Irsyad Al Islamiyyah, Kota Batu melaunching buku karya 499 siswa.

Hasil karya para siswa dalam bentuk tulisan dan gambar yang berisikan tentang pengalaman mereka selama belajar secara daring ini dibukukan. Celoteh para siswa saat belajar dari rumah (BDR) ini menjadi enak dibaca, karena disajikan dengan cara mereka yang polos.

Curhatan-para-siswa-selama-menjalani-proses-BDR-2.jpg

“Selesai google meet, saya mengerjakan tugas, walau pun sebenarnya saya kurang paham, saya harus bisa mengerjakan tugas sendiri. Sebenarnya lebih seru belajar di sekolah,” begitu tulis Nur Aji Prawiro Dijoyo, siswa kelas VI SD Plus Al Irsyad Al Islamiyah ini.

Tulisan 499 siswa ini dikumpulkan dalam 17 buku dibagi berdasarkan jumlah kelas. Menariknya, buku ini tidak dicetak terbatas untuk lingkungan sekolah saja, namun juga bisa diedarkan ke public, karena buku ini dilengkapi dengan izin edar penjualan buku.

“Buku yang kita launching hari ini merupakan kumpulan karya anak sholeh, sholehah pada masing-masing kelas. Hasil karya tangan-tangan kecil penuh talenta ini dibukukan oleh Tim Literasi Sekolah,” ujar Kepala Sekolah SD Plus Al Irsyad Al Islamiyah, Faridah Hidayati SPd.

Karya tulis yang para siswa ini didesain oleh Tim Literasi Sekolah kemudian dicetak bekerja sama dengan sebuah penerbitan di Kota Batu, Beta Aksara.   “Apa yang dirasakan, keluh kesah selama dua tahun melakukan pembelajaran di rumah mereka tulis kemudian kita bukukan,” ujar Faridah.

Curhatan-para-siswa-selama-menjalani-proses-BDR-3.jpg

Faridah bangga dan bersyukur dengan hasil karya para siswanya ini, karena apa yang dilakukan adalah sebuah langkah awal yang besar. “Kami patut berbangga karena dititipi putra dan putri yang luar biasa, kita bersyukur dengan anugerah ini. Kita apresiasi hasil karya mereka, karena prestasi bukan hanya nilai akademik, tapi juga melalui karya yang mereka buat,” ujarnya.   

Faridah berharap, jika hari ini para siswa membuat buku dari kumpulan tulisan mereka, kelak para siswa bisa membuat tulisan mereka sendiri dalam satu buku.

Launching ini dilaksanakan sederhana disela-sela kegiatan pemberian raport siswa. Guna menyemarakkan kegiatan dilaksanakan pentas seni dan pameran buku serta karya seni siswa yang dilaksanakan dengan waktu terbatas, peserta terbatas dengan penerapan protokol kesehatan ketat. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES