Pendidikan

Mahasiswa Indonesia Kini Bisa Melakukan Riset Berkualitas Melalui NRC Fellowship 2022

Kamis, 06 Januari 2022 - 21:29 | 53.15k
Suasana zoom meeting NRC Fellowship 2022 bersama awak media. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)
Suasana zoom meeting NRC Fellowship 2022 bersama awak media. (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Mahasiswa lulusan S1 dan S2 di seluruh Indonesia, kini bisa mendapatkan kesempatan untuk membekali diri dengan kemampuan perencanaan dan eksekusi riset yang berkualitas, melalui program Nutrifood Research Center atau NRC Fellowship 2022.

Manager Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjaja Putra menjelaskan, NRC Fellowship merupakan program pelatihan dan bimbingan bagi para mahasiswa S1 dan S2. Program ini untuk membekali diri dengan kemampuan perencanaan dan eksekusi riset yang berkualitas, sehingga dapat bersaing secara global. 

"Sejumlah peserta terpilih juga akan memperoleh dana untuk merealisasikan proposal penelitian yang diajukan," jelasnya saat zoom meeting bersama awak media, Kamis (6/1/2022).

Felicia menjelaskan, berdasarkan data dari WHO, penyakit tidak menular menyumbang 71 persen dari total kematian per tahun di dunia, yang menyebabkan 41 juta kematian setiap tahunnya. Selain itu, sekitar 66 persen penyebab kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Di Indonesia sendiri, lanjutnya, Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular cukup tinggi, termasuk di antaranya stroke sebesar 10,9%, diabetes melitus sebesar 8,5%, dan hipertensi sebesar 34,1%. Faktanya, sebagian besar penyakit tidak menular ini salah satunya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, termasuk konsumsi gula, garam dan lemak yang berlebih.

"Karena itu, melalui NRC Fellowship 2022, diharapkan muncul berbagai inovasi produk rendah gula, garam, dan lemak yang dapat membantu konsumen untuk mengikuti pola makan yang lebih sehat," ungkapnya.

Felicia melanjutkan, program NRC Fellowship 2022 akan dibuka mulai 10 Januari hingga 11 Februari 2022. Peserta yang berhasil lolos seleksi tahap awal akan mendapatkan sesi pelatihan penelitian dari tim NRC, dilanjutkan dengan proses seleksi wawancara dan presentasi di depan para dewan juri. 

"Tim yang berhasil terpilih sebagai awarder NRC Fellowship 2022 akan mendapatkan pendampingan dari tim NRC selama penelitian serta dukungan dana penelitian dengan total senilai ratusan juta rupiah," tuturnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES