Indonesia Positif Indonesia Herd Immunity

Bupati Purbalingga Minta Vaksinasi Anak Dipercepat

Kamis, 06 Januari 2022 - 17:13 | 35.71k
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat memimpin rakor  lintas sektoral di ruang rapat bupati. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat memimpin rakor lintas sektoral di ruang rapat bupati. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, PURBALINGGABupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM meminta agar pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun dipercepat.

"Percepatan pada vaksinasi anak ini akan mendorong prosentase cakupan vaksin secara keseluruhan,"  kata Bupati Tiwi saat rakor lintas sektoral di ruang rapat bupati, Kamis (6/1/2022).

Pasalnya pemerintah pusat menargetkan seluruh warga Indonesia 100% telah tervaksin pada bulan Maret 2022 mendatang.

Dari data di Dinas Kesehatan per tanggal 5 Januari 2022 jumlah sasaran untuk vaksinasi anak (6-11) sebanyak 92.635.

Pelaksanaan vaksin anak yang dimulai pada 27 Desember 2021 sudah berhasil melakukan vaksinasi terhadap anak sebanyak 31.814 atau setara 34,34%.

Pemkab Purbalingga 2

Target vaksinasi 92 ribu lebih anak di Purbalingga, dosis 1 tanggal 15 Januari 2022. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac dengan dosis 2x 0,5 ml.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi menjelaskan, semua sekolah saat ini sudah mengadakan PTM 100%, sehingga memudahkan pelaksanaan vaksinasi anak.

Bahkan Dinas Pendidikan bersama Puskesmas-puskesmas sudah membuat jadwal untuk vaksinasi di sekolah utamanya Sekolah Dasar (SD).

Setidaknya ada 481 SD/PAUD yang sudah mengajukan ijin PTM, dan sebanyak 77 SMP semua sudah mengajukan dan sudah mulai melakukan PTM.

“Meski demikian tidak semua para siswa ini masuk secara bersamaan, karena sesuai aturan protokol kesehatan harus diisi maksimal 50% dari kapasitas ruang kelas.

Sehingga anak dibagi dua kali pertemuan. Jam 07.30 – 09.30 wib masuk 50%, yang separuh masuk jam 09.30 – 11.30 WIB,” jelasnya.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan SIK MH mengatakan, pihaknya bersama KODIM, Batalion, Lanud siap membantu mobilitas anak sekolah.

Pihaknya minta agar beberapa sekolah dalam satu desa dijadikan satu lokasi pelaksanaan vaksinasi anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES