Olahraga

Pratama Arhan Jadi Rebutan Klub Kasta Atas di Liga Korea Selatan

Kamis, 06 Januari 2022 - 17:01 | 147.44k
Pratama Arhan dikenal oleh Shin Tae-yong  mempersiapkan tim Korsel untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021. (Foto: PSSI)
Pratama Arhan dikenal oleh Shin Tae-yong  mempersiapkan tim Korsel untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021. (Foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, BLORA – Peraih Young Player Of Tournament AFF Suzuki Cup 2020, Pratama Arhan, dikabarkan menjadi rebutan klub kasta kasta teratas Liga Korea Selatan. Salah satunya Seongnam FC. 

Kabar tersebut diketahui dari pemberitaan sejumlah media di negara berjuluk Negara Ginseng. 

Seongnam FC pernah dibesut pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Bahkan Shin Tae-yong mengantarkan Seongnam FC juara Liga Champions Asia 2010. 

Bek Timnas Indonesia U-20  yang dikenal dengan kekuatannya melakukan lemparan ke dalam atau throw in ini, tak pelak membuat penasaran pecinta bola terkait kehidupan pribadinya. 

Pratama Arhan 2Rumah Pratama Arhan Alif Rifai di Dukuh Karangnongko, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Blora, kini selalu ramai dengan warga yang ingin berkunjung.(Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Pemilik nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai yang akrab dipanggil Arho ini, tercatat  lahir di Dukuh Karangnongko, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada 21 Desember 2001.

Arho pesepak bola yang tengah naik daun tersebut, merupakan anak pasangan dari pasangan Sutrisno dan Surati.

Hidup dalam keluarga sederhana khas pedesaan, tidak menyurutkan langkah orang tuanya untuk mendukung bakat anaknya. Ibunya yang jadi tulang punggung keluarga, berjualan sayur keliling dan buka toko kecil di rumah.

Sedangkan ayah Arho menderita penyakit jantung dan liver. Meski begitu, sang ayah selalu memberi dukungan penuh, senantiasa mendoakan dan berusaha menyempatkan diri menyaksikan anaknya bertanding.

Sejak kecil, Arho sudah hobi sepak bola. Bakatnya pun kemudian ditempa secara formal, pertama kali di SSB Putra Mustika Blora. Mencuri perhatian dan melejit di wilayah  Pantura, Ia pun kemudian mengembangkan bakat di Akademi Sepak Bola Terang Bangsa Semarang.

Pria tampan yang memiliki tinggi 170 cm ini, kemudian masuk BJL Terbang Semarang, yang sering berlaga di Piala Soeratin. Penampilan bertanding yang elegan, akhirnya membawa dirinya ke klub terbesar di Jawa Tengah, yakni PSIS Semarang pada tahun 2018.

Pratama Arhan 3Hidup dalam keluarga sederhana, tidak menyurutkan langkah Surati, sang ibu untuk mendukung bakat Arho. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Ia pun bermain untuk PSIS, di ajang Elite Pro Academy atau kompetisi usia muda. Pesertanya berasal dari klub-klub liga teratas tahun 2019. 

Dipasang spesial Bek Kiri oleh klub, Pratama Arhan menjalani 17 laga dan mengantar PSIS Semarang U-18 menjadi runner-up. Penampilan gemilangnya kala itu, membawanya ke Timnas Indonesia U-19 yang berlatih di Chiang Mai, Thailand pada awal tahun 2020 ini.

Potensi besar Pratama Arhan, juga tercium oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korsel ini, saat itu tengah mempersiapkan tim terbaik untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES