Ekonomi

Pariwisata Lesu Justru jadi Peluang Baru bagi PNS Kreatif Ini

Kamis, 06 Januari 2022 - 12:02 | 53.37k
Christopher, seorang PNS memanfaatkan waktu senggangnya sebagai konten kreator mengulas perhotelan Indonesia. (FOTO: Instagram/@CHRVacation)
Christopher, seorang PNS memanfaatkan waktu senggangnya sebagai konten kreator mengulas perhotelan Indonesia. (FOTO: Instagram/@CHRVacation)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Berdasarkan data BPS tahun 2020, sekitar 409 ribu tenaga kerja pariwisata kehilangan pekerjaannya akibat pandemi Covid-19. Sebanyak 12,91 juta orang mengalami pengurangan jam kerja dan 939 ribu dihentikan sementara.

Sektor pariwisata disebut sebagai industri yang paling terpukul di masa pagebluk. Penurunan wisatawan mancanegara berimbas langsung pada okupansi hotel di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut keterisian hotel mencapai titik terendahnya mulai April 2020, di bawah 12 persen.

Sementara wisatawan lokal juga terbatas pergerakannya dengan aturan pembatasan kegiatan masyarakat. Praktis, tak sedikit hotel yang terpaksa gulung tikar atau setidaknya menutup sementara operasionalnya.

Baru pada akhir tahun 2020 pemerintah melakukan upaya 'penyelamatan' terhadap pariwisata Indonesia. Salah satunya mendorong produktivitas dan kreativitas Work form Home (WFH) atau bekerja di rumah menjadi Work form Hotel hingga Work form Bali.

Christopher 2

Christopher seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda mampu mengonversi kesempatan ini menjadi peluang baru dalam hidupnya. Awalnya Chirstopher memulai membuat konten ulasan hotel di Instagram sebagai selingan dari pekerjaan utamanya.

"Karena staycation (liburan di hotel) adalah sebuah agenda rutin untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, teman-teman mulai menjadikan saya sebagai referensi untuk mencari hotel," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (6/1/2022).

"Apalagi hotel-hotel pada banting harga kan di tengah krisis itu. Jadi kesempatan juga buat ke hotel yang dulu harganya nggak terjangkau buat saya," tambahnya.

Berbekal kekuatan word of mouth (promosi mulut ke mulut) akun Instagram miliknya @CRHVacation berkembang pesat dengan 32,8 ribu follower  (pengikut). Pada aplikasi video singkat Tiktok, Christopher juga meraih sukses dengan 11,7 ribu pengikut.

Bertambahnya jumlah pengikut di media sosial dibarengi pula dengan meningkatnya kepercayaan dari mitra kerjasama. Puncaknya Traveloka memintanya menjadi Brand Ambassador (Duta merek).

"Prosesnya berjalan cepat, dari November 2020 sampai saya dapat kontrak traveloka di bulan Agustus 2021. Setelah sebelumnya saya harus bayar hotel sendiri sampai dapat kolaborasi dan kerja sama mulai bulan Desember 2020," jelasnya.

Kondisi krisis pariwisata Indonesia perlahan mulai pulih seiring melandainya kasus Covid-19, masifnya upaya vaksinasi, dan penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability) di tempat wisata.

"Jadi dengan standar CHSE dan protokol kesehatan yang ketat, menurut saya liburan yang aman saat ini, ya staycation di hotel. Hotel-hotel sekarang concern (perhatian) banget tuh sama protokol kesehatan dan menurut saya jadi lebih nyaman di kala pandemi," paparnya.

Christopher 3

Bagi generasi muda yang berminat aktif di dunia pariwisata, Christopher menyebut bahwa peluangnya masih terbuka lebar. Terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi digital yang telah memunculkan banyak profesi baru.

"Saranku, lakukan sesuai passion (gairah). Jadi kalau kalian emang merasa punya passion kalian di hotel reviewer ya kalian kembangkan konten dengan serius sehingga mendapat kepercayaan dari hotel-hotel," tuturnya.

"Jangan cuman ngelihat orang di sosmed enak ya nginep hotel gratisan terus. Karena membuat konten yang berkualitas membutuhkan effort (kegigihan) tinggi," imbuhnya.

Seiring dengan kualitas konten yang berkualitas tawaran kerjasama akan datang dengan sendirinya. Maka menurut Christopher sebelum terjun ke dunia konten kreatif, tentukan terlebih dahulu bidang spesifik yang ingin digeluti.

"Misal bidang pariwisata khususnya hotel ini tentukan dulu ini passion-mu atau enggak. Dari pada setengah-setengah karena masih banyak bidang konten kreator lain misalnya otomotif, beauty (kecantikan), makanan, jangan maksain lah karena nanti akan jelek di kualitasnya," ucapnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES