Gaya Hidup

Doa Akan Naik Kendaraan dan Mohon Keselamatan dalam Perjalanan

Jumat, 07 Januari 2022 - 08:10 | 142.34k
ILUSTRASI - Naik kendaraan. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Naik kendaraan. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANG – Keselamatan dalam perjalanan tentu menjadi harapan setiap orang yang akan menuju suatu tujuan. Termasuk saat akan menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Rasa khawatir, cemas bahkan gelisah kadang menghinggap saat akan melakukan perjalanan tersebut.  Apalagi jika perjalanan jauh, baik melalui darat, laut, maupun udara. Tak keliru, untuk menenangkan hati dan pikiran, jalan terbaik adalah berdoa untuk keselamatan dalam perjalanan.

Berikut ini TIMES Indonesia menjelaskan doa akan naik kendaraan dan memohon keselatan dalam perjalanan kepada Allah SWT. Doa ini dilengkapi dengan dengan lafal latin, serta arti dan hikmahnya.

Allah SWT memberikan nikmat di muka bumi ini dan segala isinya yang tak terbatas dan memberikan manfaat bagi kita sebagai hamba-NYA dan umat Rasulullah SAW. Oleh sebab itu Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Mulk Ayat 15, yang berbunyi:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan”, (Q.S. Al-Mulk:15).

Dari ayat diatas dapat dicermati bahwa Allah SWT menciptakan bumi itu mudah dijelajahi dan nyaman untuk kita tinggali, maka berjalanlah di sisi-sisi dan ujung-ujungnya, dan makanlah dari rezeki yang disiapkan-Nya untuk kita didunia, dan hanya kepada-Nyalah kita dibangkitkan untuk perhitungan dan pembalasan.

Dalam melakukan perjalanan, baik menggunakan transportasi darat maupun laut, atau udara, tentunya harus hati-hati dalam melaksanakan dan memohon pertolongan dan ridha Allah SWT agar diberi keselamatan dan keberkahan dalam melakukan perjalanan.
Berikut adalah doa yang kita panjatkan sebelum naik kendaraan dan mohon keselamatan selama melaksanakan perjalanan:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ
 اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى
 اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ
 اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Subhanal ladzi sakhora lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila ila rabbana la munqalibun.
Allahumma inna nas aluka fi safarna hadzal birra wat taqwa wa minal 'amali ma tardla. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadza wa'thu 'anna bu'dahu.
Allahumma antash shokhibu fis safari wal kholifatu fil ahli. 
Allahumma inni a'udzubika min wa'tsais safari wa kabatil mundhori wa suil munqolabi fil mali wal ahli.

Terjemahannya:

"Mahasuci Allah yang telah menundukkan (kendaraan) ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk menguasainya.
Dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. 
Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh.
Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. 
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga."

Demikan doa sebelum naik kendaraan dan memohon keselamatan selama melakukan perjalanan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan mendapat ridha Allah SWT. Aamiin.

Ditegaskan juga dalam Al-Quran surat Al-Mu’min ayat 60, di sana Allah SWT dalam firman-NYA menjelaskan tentang pentingnya berdoa, yang artinya:

“Berdoalah kepada-Ku. Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku, akan masuk ke neraka Jahannam dalam keadaan hina".

Oleh sebab itu sebagai umat Muhammad SAW, kita sebaiknya membaca doa saat akan naik kendaraan sebagai bentuk pengharapan dan ikhtiar agar dalam perjalanan kita diberi keselamatan dan perlindungan Allah SWT.

Doa sebelum naik kendaraan dan keselamatan tersebut dikutip dari Kitab Hadist Shohih Muslim no.1342, dalam pengajian di PP Sunan Ampel Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES