Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Foto Rudal Balistik Buatan Indonesia dengan Jangkauan 1000 Km

Rabu, 05 Januari 2022 - 16:25 | 97.46k
Unggahan foto dan narasi yang mengklaim bahwa foto tersebut adalah Rudal Balistik buatan Indonesia dengan Jangkauan 1000 km.
Unggahan foto dan narasi yang mengklaim bahwa foto tersebut adalah Rudal Balistik buatan Indonesia dengan Jangkauan 1000 km.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar gambar disertai narasi mengenai rudal balistik buatan Indonesia yang memiliki jangkauan 1000 kilometer. Klaim tersebut beredar di media sosial Facebook, dibagikan oleh akun Merdeka Saptatih pads 8 Desember 2021.

Berikut narasi lengkapnya:
Jarang terlihat Rudal Balistik buatan Indonesia. Para ahli memperkirakan bahwa rudal ini memiliki jangkauan 1000km dan dapat membawa 2 hulu ledak nuklir, cukup untuk menakuti China.

cek fakta Rudal Balistik 2Sumber: Facebook (https://www.facebook.com/saptatih/posts/4678953878814688)

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, gambar yang disebut rudal balistik buatan Indonesia yang memiliki jangkauan 1000 kilometer, salah. Penelusuran kami dengan menggunakan reverse image, menemukan fakta foto gambar atau foto tersebut bukanlah rudal balistik.

Hasil dari penggunaan Google Reverse Image, ditemukan bahwa gambar tersebut adalah tiang pancang penguat pondasi bangunan yang diangkut dengan kendaraan.

Gambar tersebut diambil dari kanal YouTube: seputar PROYEK. Gambar diambil dari video di kanal tersebut berjudul "[lagi] Monster Bawa RUDAL # teruus teruuss kiri KIRI Tol Pemalang - Batang". Video tersebut dimuat pada 26 Januari 2017. Setelah ditelusuri, foto atau gambar diambil dari video pada tayangan di 1 menit 41 detik.

Pada deskripsi video tersebut tertera narasi bahwa benda yang diangkut dengan kendaraan berat (tronton) itu adalah tiang pancang atau paku bumi. Benda tersebut dibawa menuju lokasi tol di Pemalang, Jawa Tengah. Disebutkan material tiang pancang itu akan ditancapkan di Kecamatan Bodeh, Pemalang.

cek fakta Rudal Balistik 3Sumber: Bring Monster MISSILES # teruus teruuus left LEFT Tol Pemalang - Batang | YouTube

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan oleh Antara (Hoaks! Foto rudal buatan Indonesia | ANTARA News), Turnbackhoax.id ([SALAH] Foto Rudal Balistik Buatan Indonesia Diangkut truk | Turnbackhoax). 

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, gambar yang diklaim rudal balistik buatan Indonesia yang memiliki jangkauan 1000 km, salah. Faktanya, foto tersebut merupakan tiang pancang atau paku bumi untuk penguat pondasi bangunan.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, konten tersebut masuk ke dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES