Pendidikan

Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan Gelar Pameran Produk Inovatif

Rabu, 05 Januari 2022 - 13:28 | 59.56k
Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi memperlihatkan hasil produk inovatif mahasiswi PGSD. (Foto-foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi memperlihatkan hasil produk inovatif mahasiswi PGSD. (Foto-foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP PGRI Pacitan, Jawa Timur menggelar pameran produk inovatif,  kuliner hingga kerajinan tangan. Pameran tersebut bertempat di aula gedung kampus setempat, Rabu (5/01/2022). 

Dalam ajang Pameran Kreatif Mahasiswa (PKM) itu menyajikan 40 macam berbagai olahan kuliner hingga kerajinan tangan menarik yang memiliki nilai jual. 

Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi mengatakan, pameran kreatif oleh mahasiswa PGSD tersebut sebagian dari tugas perkuliahan kewirausahaan yang nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Ya, ini merupakan bagian dari tugas perkuliahan kewirausahaan mahasiswa yang tiap tahun kami adakan. Selain berinovasi membuat produk kreatif, nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

STKIP PGRI Pacitan 5Produk inovatif keripik kelor mahasiswi PGSD.

Mukodi menegaskan, STKIP PGRI Pacitan mencetak calon pendidik yang juga dibekali bermacam keterampilan termasuk berwirausaha. 

"Tidak menutup kemungkinan jika nantinya para alumni STKIP PGRI Pacitan tidak hanya berprofesi sebagai guru. Namun ketika terjun di masyarakat malah banyak yang berwirausaha dan mereka sukses sesuai bidangnya," terangnya kepada TIMES Indonesia. 

Sementara itu, Kaprodi PGSD STKIP PGRI Pacitan, Mega Isvandiana, M.Si. menyebutkan sebanyak 150 mahasiswa semester 1 terbagi menjadi 40 kelompok untuk bisa membuat produk kreatif yang menarik sehingga langsung bisa dijual. 

"Ada 40 macam produk inovatif mahasiswa yang dikemas secara menarik dan langsung bisa dibeli. Untuk kuliner ada yang siap hidang, para dosen dan mahasiswa lainnya boleh mencicipi," jelasnya. 

Untuk mengetahui kualitas produk mahasiswa, lanjut Mega, perlu dilakukan penilaian sesuai kategori yang telah ditetapkan oleh panitia. Yang layak jual bisa langsung dibeli. 

"Kami juga melakukan penilaian langsung mulai dari orisinalitas produk, inovasi kreatif, tampilan produk dan juga cita-rasa untuk kuliner. Sehingga harapannya ke depan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan benar-benar memiliki bekal wirausaha yang berkualitas dan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

STKIP PGRI Pacitan 6Bakso Tutwah buatan Fauzy dalam ajang PKM PGSD STKIP PGRI Pacitan 2022.

Fauzy, salah seorang mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan sangat antusias mengikuti pameran produk inovatif di kampus. Dirinya membuat olahan tutut sawah yang disulap menjadi bakso lezat. 

"Saya temukan menu baru yaitu Bakso Tutut Sawah atau Tutwah. Kan, di Pacitan belum ada, rasanya lezat dan kenyal tidak kalah sama bakso lainnya. Tanpa bahan pengawet, ada juga dalam bentuk kemasan per bungkus hanya Rp5 ribu. Bisa disimpan di lemari es selama satu minggu," ujarnya. 

Sebagai informasi, pameran produk inovatif di STKIP PGRI Pacitan dilakukan setiap tahun. Kegiatan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan ini diprakarsai oleh dosen pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan yakni Erna Setyawati, SE., M.M. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES