Entertainment

Mengenal Askarweda, Band Lokal asal Malang

Rabu, 05 Januari 2022 - 15:00 | 165.29k
Potret Askarweda, Band Lokal Asli Malang.
Potret Askarweda, Band Lokal Asli Malang.

TIMESINDONESIA, MALANGAskarweda merupakan salah satu band lokal yang berasal dari Kota Malang. Band ini beranggotakan dua orang yaitu Mutiara Ramadhani (Mutaya) sebagai vokalis sekaligus penulis lirik lagu dan aransemen, dan Mohammad Albi Kusuma Wardhana Putra (Albi) sebagai gitaris sekaligus aransemen. 

Terbentuknya Askarweda berawal dari keresahan Albi pada tahun 2019 saat pertengahan kelulusan SMA. Kisah percintaan Albi ketika SMA mendorongnya untuk menciptakan sebuah instrumen yang membutuhkan 3 hari untuk menyelesaikannya. Namun Albi tidak pandai dalam menciptakan lirik lagu, sehingga ia meminta tolong kepada Mutaya yang dikenal dengan suara merdunya di SMA. Keduanya bertemu dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 9 Malang pada saat kelas 10. Baik Mutaya maupun Albi puas dengan lagu yang dihasilkan, sehingga mereka memutuskan untuk memproduksinya dan terciptalah “Kamar Rindu” yang merupakan lagu pertama dari Askarweda.

Askarweda-2.jpgLagu Pertama Askarweda yang Berjudul “Kamar Rindu”

Ketika mencoba merilisnya ke media publisher, mereka belum menemukan nama yang cocok untuk grup musik mereka. Lalu Albi menemukan kata “Askarweda” yang berasal dari dua kata yaitu “Askar” yang berarti laskar atau seseorang yang berjuang dan “Weda” yang berarti sebuah kitab atau buku. Sehingga, Askarweda berarti buku dari sebuah perjalanan.

Askarweda sendiri tidak memiliki genre tertentu, karena musik yang dipilih sangat general dan mengalir sesuai perasaan personil. “Kamar Rindu” yang dirilis pada tanggal 15 Agustus 2019 ini menjadi lagu debut Askarweda yang membuatnya dikenal masyarakat khususnya di daerah Malang. Lagu yang telah ditonton oleh lebih dari 50.000 viewers di Youtube ini juga telah didengarkan oleh lebih dari 556.478 listeners di Spotify.

Askarweda-3.jpgLagu Pertama Askarweda yang Berjudul “Tuan”

Setelah itu, pada 12 November 2019 Askarweda merilis lagu keduanya yang berjudul “Tuan” yang telah ditonton oleh lebih dari 3000 viewers di Youtube dan didengarkan oleh lebih dari 40.200 listeneres di Spotify. Baik Albi maupun Mutaya tidak pernah menyangka bahwa lagu mereka akan banyak disukai oleh masyarakat. Keduanya mengakui bahwa Askarweda menjadi pelarian mereka dari real life yang melelahkan. Sehingga, jumlah pendengar saat ini dapat dikatakan lebih dari cukup dari apa yang dapat mereka bayangkan. Meski belum mengetahui waktunya, Askarweda menargetkan untuk merilis lagu ketiga secepat mungkin.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES