Wisata

Serunya Familiarization Trip di Kampung Edukasi Tubo Ternate

Rabu, 05 Januari 2022 - 10:47 | 82.38k
Familiarization Trip di kampung Edukasi Tubo Terbanate. (Foto: Fuad for TIMES Indonesia)
Familiarization Trip di kampung Edukasi Tubo Terbanate. (Foto: Fuad for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Mengunjungi Kota Ternate, Maluku Utara tak akan lengkap kalau belum pesiar ke kampung Eduwisata Tubo.

Tubo merupakan sebuah kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Kota Ternate Utara. Tubo adalah salah satu kampung tertua yang ada di Ternate.

Secara geografis kampung tua ini terletak di lereng bagian utara gunung gamalama dan hanya berjarak kurang lebih lima ratus meter dari Bandara Sultan Babullah Ternate.

Kampung Edukasi Tubo 2

Menurut ketua Pokdarwis Eduwisata Tubo, Sufahri, masyarakat Tubo masih kental mewarisi adat se atorang warisan leluhur, sebuah ajaran kearifan dalam berkehidupan yang diilhami dari nilai-nilai budaya dan agama.  

“Ajaran tersebut kemudian termanifestasi dalam setiap sendi kehidupan masyarakat, salah satunya adalah seni dan budaya,” kata Sufahri kepada TIMES Indonesia, Rabu (5/1/2022).

Tak hanya itu, Sufahri berujar, Tubo juga memiliki beragam potensi dan atraksi yang menarik untuk dikunjungi baik dari sisi seni, budaya, ekonomi kreatif, panorama dan bentangan alam yang unik dan tentu saja sejarahnya.

Kampung Eduwisata Tubo dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Limau Ma Tubu yang merupakan binaan dari program Community Development  PT Pertamina DPPU Babulah Ternate. Kampung ini menawarkan berbagai jenis wisata alam dan budaya ke peserta Familiarization Trip yang dilaksanakan oleh Pokdarwis Limau Ma Tubu pada 28 Desember 2021 lalu, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ternat ke-771.

Dalam trip itu mereka mengunjungi Rumah Wonge yang menurut kepercayan Masyarakat Tubo, wonge adalah Mahluk Halus/gaib yang memiliki kekuatan untuk melindungi dari gangguan roh-roh jahat. 

Kampung Edukasi Tubo 3

Trip dilanjutkan ke Ake Tubo disana terdapat satu bangunan berukuran kecil atau disebut Kedato kecil dalam bahasa melayu Ternate. 

“Yang diceritakan Ake tubo ini adalah tempat persembunyian Sultan Ternate bersama pasukannya, disaat mereka di kejar bangsa portugis di waktu itu,”tutur Sufahri 

Kemudian peserta juga diajak menyusuri jejak aliran lava gunung gamalama yang terdapat persis di belakang kampung Tubo. Tour lava dengan jeep akan memberikan pengalaman mengesankan. 

Selain memacu andrenalin, sobat wisata juga akan diajak menyusuri barangka tugurara, sebuah sungai mati yang menjadi jalur lahar dingin gamalama. 

“Selain dengan visual, cerita-cerita sejarah batu angus dan barangka beserta sejarah letusan gamalama akan mewarnai tour ini,” ucapnya.

Kegiatan ini melibatkan peserta Trip dari masyarakat Kelurahan Tubo, GenpiMalut, Pariwisata Unkhair Ternate, SMK 1 Pariwisata dan Ternate Jeep Community yang didampingi IAGI Malut dan HPI Malut dengan memperkenalkan potensi geowisata dan budaya Kelurahan Tubo Ternate. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES