Gaya Hidup

Cara Menyimpan Sisa Makanan

Rabu, 05 Januari 2022 - 14:00 | 46.08k
Menyimpan sisa makanan harus tepat agar makanan tersebut tetap bisa disantap lain waktu. (unsplash)
Menyimpan sisa makanan harus tepat agar makanan tersebut tetap bisa disantap lain waktu. (unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda pasti kerap menyimpan sisa makanan untuk kemudian disantap esok hari. Dengan metode penyimpanan yang baik, kandungan nutrisi dan kualitas makanan sisa dapat tetap terjaga. Berikut merupakan langkah-langkah untuk menyimpan makanan sisa

1.     Perhatikan suhu kulkas

Periksa kulkas Anda dan sebaiknya berkisar antara 4 – 5 derajat Celsius, sedangkan suhu freezer ada pada angka -18 derajat Celsius. Langkah ini amat penting karena tidak semua kulkas dan freezer memenuhi standar suhu untuk menyimpan makanan yang tersisa.

2.     Gunakan wadah yang sesuai

Gunakan wadah  yang bersih, tertutup, dan kedap udara. Anda bisa memakai wadah plastik atau beling, yang penting pastikan bahwa wadah tersebut mempunyai keterangan food grade yang berarti aman untuk menyimpan sisa makanan.

3.     Sisihkan makanan dengan cara yang tepat

Sisa makanan yang sudah tercampur atau mengenai alat makan biasanya lebih mudah basi dan berbau. Dengan menyisihkan makanan terlebih dulu, Anda bisa menyesuaikan porsi makan dan menjaga kualitas makanan yang tersisa.

4.     Menyimpan makanan pada saat yang tepat

Jika Anda yakin akan menyisakan makanan, jangan menunda untuk menyimpannya. Segera simpan makanan di dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Membiarkan makanan dalam suhu ruang akan merusak makanan dan memicu pertumbuhan bakteri.

Lakukan cara-cara di atas agar makanan sisa yang disimpan tetap dapat dikonsumsi dengan aman di lain waktu.  Semoga bermanfaat! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES