Gaya Hidup

Tips Mengelola Keuangan di Usia Muda

Rabu, 05 Januari 2022 - 07:46 | 36.28k
Remaja harus mulai belajar mengatur keuangan. (foto: unsplash)
Remaja harus mulai belajar mengatur keuangan. (foto: unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak muda masih kesulitan dalam mengelola keuangan pribadinya dengan baik. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pendidikan keuangan dasar tentang bagaimana mengelola uang yang tidak diajarkan di bangku sekolah. Padahal mengelola keuangan itu sangat penting agar dapat tercukupi kebutuhan dengan baik.

Untuk itu, literasi keuangan dan manajemen pengelolaan keuangan harus dimiliki agar dimasa depan bisa hidup lebih hemat dan mandiri.

Berikut merupakan tips mengatur keuangan dengan baik di usia muda yang dapat membantu kamu di masa yang akan datang.

1. Penentuan bujet

Kunci dari mengelola keuangan yang baik adalah mengetahui kemana uang itu pergi. Penentuan bujet berguna untuk mengawasi kondisi keuanganmu dan membatasi dari pengeluaran yang berlebih. Tentunya, setiap orang memiliki bujet yang berbeda-beda. Kamu bisa memulai menentukan bujet berdasarkan harian, mingguan, atau bulanan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. 

2. Mempersiapkan dana darurat

Seringkali, kamu dihadapkan pada kondisi keuangan yang tidak diduga-duga. Dana darurat dapat menyelamatkanmu ketika kamu harus mengeluarkan uang secara mendadak. Sehingga, kondisi finansialmu tidak akan goyah. Biasanya, perhitungan dana darurat didasarkan pada sebesar tiga kali dari jumlah pengeluaran bulanan.

3. Hindari utang

Banyak anak muda yang terlilit utang karena demi mengejar gaya hidup semata. Selain membuat kondisi finansial terganggu, hutang juga dapat menyebabkan kamu capek dan terbebani secara psikis .Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran dari pinjaman-pinjaman online yang saat ini sedang marak. Jika kamu terpaksa untuk berhutang, pikirkan cicilan yang harus kamu bayarkan setelahnya. 

4. Menyiapkan dana pensiun

Meskipun saat ini kamu masih muda, tidak ada salahnya bersiap untuk hari tua. Karena seiring berjalannya waktu, fisik dapat menua dan membuat produktivitas juga menurun. Dana pensiun ini penting untuk kehidupan sehari-hari dalam usia non-produktif nantinya. Demi hari tua yang damai dan terbebas dari masalah finansial. 

Yuk, mulai atur keuangan dengan baik selagi masih muda. Semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES