Gaya Hidup

Mengenal Above The Line dan Below The Line dalam Produksi Film

Rabu, 05 Januari 2022 - 12:00 | 178.31k
Kameramen dalam produksi film masuk dalam bagian personel Below The Line. (Foto: Cinematic.id)
Kameramen dalam produksi film masuk dalam bagian personel Below The Line. (Foto: Cinematic.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam pembuatan film, tidak terlepas dari kru yang terlibat dalam pembuatannya. Kru film ini biasanya disebut dengan tim produksi dan mereka terbagi menjadi dua, yakni ATL atau Above The Line dan BTL atau Below The Line.

Above The Line adalah personel yang memiliki peran penting dalam pembuatan film. Personel ATL ini biasanya punya dampak langsung terhadap unsur kekreativitasan sebuah film. Tim produksi yang termasuk ke dalam ATL adalah sutradara, penulis naskah, produser dan pemain utama.

Below The Line adalah personel yang memiliki dampak secara teknis dalam pembuatan film. Personel BTL ini biasanya memiliki peran dalam membantu dalam visualisasi naskah yang telah ditulis menjadi sebuah adegan film. Tim produksi yang termasuk ke dalam BTL adalah, tim Kamera, tim Artistik, tim Pasca produksi, dan tim soundman

Diantara ATL dan BTL, ada personel On the Line yang merupakan jembatan antara personel ATL dan BTL. Kru yang ada dalam personel On The Line sendiri memiliki prioritas sebagai pembantu dan keberadaanya tidak se-vital personel ATL dan BTL yang menjadi kru utama dalam pembuatan sebuah film.

Sejatinya masih banyak divisi dari kru atau tim produksi dalam pembuatan sebuah film. Namun, peran dari kru Above The Line dan Below The Line merupakan peran yang sangat vital dalam pembuatan sebuah film. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES