Gaya Hidup

5 Inspirasi Resolusi Tahun 2022 untuk Remaja

Rabu, 05 Januari 2022 - 11:00 | 219.24k
Tahun 2022, remaja Indonesia harus membuat resolusi positif.  (foto: Anastasia Athalia/TIMES Indonesia)
Tahun 2022, remaja Indonesia harus membuat resolusi positif. (foto: Anastasia Athalia/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi kebanyakan remaja, tahun baru dikenal dengan istilah ‘New Year New Me’. Hal ini menjadi ajang bagi mereka  untuk berubah menjadi versi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sudahkah kamu menuyusun resolusi di tahun 2022? 

Menetapkan resolusi dapat membantu kamu untuk menjadi lebih bersiap-siap dalam mewujudkan tujuan yang ingin diraih. Diantaranya masih banyak yang sering kesulitan untuk menentukan resolusi yang ingin diprioritaskan.

Berikut adalah 5 inspirasi resolusi tahun 20222 yang dapat menjadi rekomendasi, khususnya bagi anak remaja.

1. Hidup Sehat

Mulai perhatikan gaya hidup dan pola makan yang kamu jalani. Apakah kamu sudah tidur dengan waktu yang cukup? Remaja umumnya sering mengabaikan asupan makan sehat dan tidur larut malam. Kebanyakan diantaranya terlalu banyak mengkonsumsi minuman caffeine dan makan makanan yang berminyak. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan mengandung serat seperti buah dan sayur serta rutin berolahraga. Dengan pola hidup yang sehat, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar serta lebih produktif untuk menjalani hari.

2. Sisihkan uang jajan untuk menabung dan berinvestasi

Resolusi 2022 yang dapat kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan mulai menabung dan berinvestasi. Kamu dapat menerapkan 50/30/20 budgeting rules. Aturan ini dapat kamu gunakan untuk mengatur finansial kamu secara lebih teratur dan tertata. Mulai sisihkan uang jajan dengan porsi 50% untuk kebutuhan sehar-hari, 30% untuk keinginan dan hobi, 20% untuk tabungan dan investasi.

3. Tentukan goals untuk pendidikan 

Kamu dapat menentukan goals pendidikan baik dalam hal peringkat di sekolah, indeks prestasi kumulatif (IPK) di kampus, dan lain sebaginya. Apabila sebelumnya kamu ada di peringkat 10 besar jadikan goals di tahun ini menjadi peringkat 5 besar. Jika sebelumnya ipk ada di 3.500 jadikan goals tahun ini menjadi 3.700. Intinya bukan seberapa banyak kamu mengalami perubahan, namun yang terpenting ada perkembangan menjadi lebih baik. 

4. Belajar hal-hal baru

Resolusi di tahun 2022 ini kamu juga bisa menantang diri kamu untuk keluar dari zona nyaman dengan mempelajari hal-hal baru. Seperti halnya belajar kesenian, bahasa yang belum dikuasai, design, dan lain sebagainya. Dengan mempelajarai hal baru, akan menambah soft skill maupun hard skill untuk mengembangakan kemampuan kamu secara lebih optimal. 

5. Memperluas relasi

Memperluas relasi dapat menjadi pilihan resoluasi kamu di tahun 2022. Lebarkan sayap pergaulan kamu dengan bergabung dan bertemu orang ataupun komunitas baru. Bertambahnya relasi akan membantu kamu untuk mengetahui hal-hal baru yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Relasi yang besar juga diyakini sebagai salah satu faktor kesuksesan kamu, karena semakin banyak relasi semakin banyak peluang yang mungkin akan kamu dapatkan. 

Demikian adalah 5 resolusi yang dapat kamu jadikan pilihan untuk menjadi versi dirimu yang lebih baik di tahun 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES