Gaya Hidup

Mengenal Serba-Serbi Film Pendek

Rabu, 05 Januari 2022 - 10:00 | 76.65k
Ilustrasi film.
Ilustrasi film.

TIMESINDONESIA, JAKARTAFilm adalah suatu bentuk karya seni yang menampilkan gambar bergerak yang di dalamnya menampilkan suara, warna dan sebuah cerita.

 Film dapat menjadi media dalam menghibur serta dapat mempengaruhi khalayak secara luas sebagai hiburan hingga media pendidikan dalam bentuk komedi hingga film dokumenter. Film juga bukan hanya berbicara dalam menampilkan hiburan yang mengasyikan, tetapi juga dapat menghadirkan pengalaman hidup yang bisa kita lihat sehari-hari yang dikemas dengan cara yang menarik.

Berbicara tentang film pendek, film ini merupakan film yang berdurasi pendek, simple serta memiliki cerita yang padat. Film pendek sendiri tidak dianggap sebagai film utama atau feature film.

Film pendek memiliki durasi pendek, namun tidak ada kesepakatan umum mengenai durasi. Banyak pembuat film pendek mengukur durasi pembuatan filmnya dari persyaratan festival film mengenai durasi maksimalnya. Berikut contoh festival film dan durasi maksimal film pendek yang ditayangkan :

Festival Film Indonesia : Maksimal durasi film 60 menit

Jogja-NETPAC Asian Film Festival : Maksimal durasi film 30 menit

Festival de Cannes : Maksimal durasi film 15 menit

Film pendek pada era sekarang merupakan pangung pertama yang sering digunakan oleh para pembuat film pemula untuk menyalurkan kekreativitasannya. Ini karena pembuatan film pendek dari segi biaya sangat terjangkau untuk pembuat film amatir. Selain itu, peralatan yang digunakan juga bisa sangat minim.

Pendistribusian film pendek cenderung lebih mudah dan fleksibel dari pada pendistribusian film utama atau feature film. Film pendek dapat didistribusikan melalui festival film, youtube hingga aplikasi penyedia film pendek dengan pengkurasian terlebih dahulu. Dari banyaknya cara pendistribusian, para pembuat film pendek cenderung memilih festival film dalam menjangkau penontonnya.

Film pendek karya sineas Indonesia yang terkenal dan viral salah satunya adalah film "Tilik". Film Tilik yang disutradarai oleh  Wahyu Agung Prasetyo diriliis tahun 2018. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES