Kesehatan

Jadwal Minum Air Putih yang Disarankan

Rabu, 05 Januari 2022 - 00:03 | 118.05k
Minum segelas air putih setiap bangun tidur diyakini sehat untuk tubuh (Foto: Freepik/jcomp)
Minum segelas air putih setiap bangun tidur diyakini sehat untuk tubuh (Foto: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Minum air putih dalam jumlah yang cukup penting untuk menjaga semua organ tubuh agar tetap. Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi, air putih mampu untuk menjaga kesehatan otot dan sendi hingga menjaga konsentrasi.  Sedangkan kekurangan minum dapat membuat seseorang terkena penyakit ginjal.

Minum air putih sebenarnya juga memiliki takaran tertentu karena meski termasuk minuman yang sehat, juga tak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berikut waktu-waktu yang disarankan untuk minum air putih: 

 1. Pagi hari setelah bangun tidur

Pagi hari merupakan awal dari segal aktivitas sebelum menjalani apapun dihari tersebut. Karena mengonsumsi air putih juga dapat menambah stamina. Maka air putih baik untuk diminum pagi hari setelah bangun tidur. 

 2. Sebelum makan

Drink-Water-a.jpgFoto: hips.hearstapps

Supaya mencegah kondisi mulut dan pencernaan kering selama makan terutama makanan yang tidak berkuah, maka disarankan untuk minum air putih sebanyak satu gelas saja. Dengan begitu akan mempermudah pencernaan selama proses makan. 

 3. Setelah makan 

Setelah makan sepertinya kebanyakan masyarakat sudah pasti tahu jika harus minum air putih. Selain untuk membersihkan sisa makanan, minum air putih juga akan melancarkan pencernaan setelah makan. 

 4. Sebelum dan setelah olahraga

Pada saat olahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang dikeluarkan melalui keringat. Maka persiapan terbaik sebelum melakukan olahraga yakni dengan minum air putih satu gelas untuk menjalani olahraga. Dan minum satu gelas. lagi setelah olahraga untuk menggantikan cairan yang hilang selama olahraga. 

 5. Sore hari 

Sore hari meski menjadi jadwal untuk nongkrong, alangkah baiknya dengan teap mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam seharian penuh. Jika dibanding dengan kopi dan teh, air putih yang paling menyehatkan karena tak memiliki banyak kandungan berbahaya. 

 6. Sebelum tidur

Usahakan ebelum tidur tubuh kita memiliki jumlah cairan yang cukup. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk minum air putih sebanyak satu hingga dua gelas. Dengan begitu, hal ini akan membuat tubuh lebih segar saat terbangun. 

Inilah jadwal yang sangat baik dalam mengonsumsi air putih. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan meminimalisir terinfeksi penyakit tulang seperti nyeri sendi serta menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES