Olahraga

Pelatih Persebaya Surabaya Marah, PSSI Belum Pulangkan Pemainnya dari Timnas

Selasa, 04 Januari 2022 - 14:35 | 47.40k
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso kecewa pemain andalannya belum bisa bergabung dalam laga tunda kontra Bali United. (FOTO: Persebaya)
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso kecewa pemain andalannya belum bisa bergabung dalam laga tunda kontra Bali United. (FOTO: Persebaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso merasa dirugikan dengan absennya empat pemain andalannya pada laga tunda seri ketiga BRI Liga 1 2021 melawan Bali United.

Keempat pemain yang dimaksud yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, dan Ernando Ari masih bersama skuad tim nasional usai gelaran Piala AFF 2020. Di mana Indonesia keluar sebagai runner up.

"Sebelum berbicara masalah teknis, seharusnya pertandingan besok (5/1/2021) malam itu ditunda karena sampai siang ini pemain nasional kita belum bisa bergabung," ungkap Aji dalam konferensi pers Selasa (4/1/2022).

Pelatih berlisensi AFC Pro itu protes mengingat laga melawan Serdadu Tridatu ini berstatus laga tunda akibat pemanggilan tambahan dua pemain Persebaya untuk tim nasional. "Kalau pertandingan ini tetap tidak ada pemain timnas, berarti seharusnya yang dulu dilanjutkan saja buat apa ditunda," ujarnya.

"Kan nggak ada artinya sekarang dilanjutkan tapi pemain-pemain itu masih belum bisa bergabung. Kami rugi di waktu dan masalah recovery. Saya sangat mengharapkan sekali info dari PSSI masalah para pemain nasional ini," tegasnya.

Ricky-Kambuaya.jpgRicky Kambuaya menjadi pemain terbaik dalam pertandingan final leg kedua AFF 2020 di Singapura. (FOTO: PSSI)

Aji menyebut kendati keempat pemainnya itu berusia muda, mereka penting untuk skuad Green Force di tengah ketatnya persaingan kasta tertinggi liga Indonesia. "Jadi kalau pertandingan besok malam para pemain nasional belum bisa bergabung, ya ditunda. Itu baru fair," katanya.

Daftar klasemen sementara menunjukkan posisi Persebaya berada di atas Bali United dengan selisih satu poin. Persaingan sengit terlihat di antara lima klub penghuni papan atas.

"Saya menyampaikan ini bukan mencari alasan. Tapi saya yakin kalau kejadian begini terjadi di tempat lain pasti akan melakukan hal yang sama seperti yang saya sampaikan," ucapnya.

Persebaya Sumbang Pemain Timnas Terbanyak

Persebaya Surabaya menjadi tim penyumbang pemain timnas terbanyak pada ajang Piala AFF 2020. Total empat pemain yang dipanggil Shin Tae-yong itu masuk dalam jajaran skuad utama.

Bahkan Ricky Kambuaya menjadi pemain yang digadang-gadang direkomendasikan oleh Tae-yong menjajal klub Korea Selatan, Ansan Greeners.

"Kami tentunya bangga bisa menyumbang empat pemain. Tetapi di sisi lain kami juga merasa dirugikan karena tidak bisa menggunakan jasa itu," ujar Aji.

Namun demikian pelatih Persebaya Surabaya sejak 2019 itu mengaku siap jika memang federasi tidak bisa memulangkan empat pemain andalannya. "Cuman saya ingin kita membangun sepak bola sama-sama itu harus berkomitmen yang kuat dan jujur. Seperti itu yang saya maksud," tutupnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES