Tekno

Bye Bye! BlackBerry Berhenti Beroperasi Mulai Hari ini

Selasa, 04 Januari 2022 - 09:25 | 104.04k
BlackBerry mengumumkan mulai 4 Januari, sistem operasi BlackBerry OS pada smartphone akan dimatikan. (foto: slash gear)
BlackBerry mengumumkan mulai 4 Januari, sistem operasi BlackBerry OS pada smartphone akan dimatikan. (foto: slash gear)

TIMESINDONESIA, JAKARTABlackBerry mengumumkan mulai 4 Januari, sistem operasi BlackBerry OS pada smartphone mereka tidak bisa digunakan secara optimal.
 
Pelopor ponsel keyboard QWERTY mengumumkan, setelah 4 Januari, BlackBerry 10, BlackBerry 7.1 dan sistem operasi versi sebelumnya sudah tidak tersedia lagi. Sebelumnya, pada 2019, aplikasi pesan instan mereka yang kesohor, BlackBerry Messenger alias BBM juga tidak lagi beroperasi.

"Mulai tanggal ini, perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak lagi benar-benar berfungsi," kata BlackBerry pada laman tanya-jawab mereka, dikutip dari Antara, Selasa (4/1/2022).

Fungsi-fungsi utama seperti data internet, panggilan telepon, SMS dan memanggil nomor darurat 911 sudah tidak berfungsi lagi.

BlackBerry juga menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang digunakan pada tablet mereka, BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi terdahulu.

BlackBerry menyatakan alasan menghentikan sistem operasi karena mereka ingin memberikan layanan keamanan intelijen perangkat lunak bagi pelanggan perusahaan dan pemerintahan.

Layanan dan aplikasi lainnya juga akan terdampak karena sudah tidak ada dukungan untuk perangkat lain, antara lain alamat email yang menggunakan domain BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend dan BlackBerry Protect.

Mereka terakhir kali memberi pembaruan untuk sistem operasi pada 2013.

BlackBerry pernah berjaya sebagai ponsel pintar terpopuler di Indonsia lebh dari 10 tahun yang lalu, namun, tidak bisa bertahan menghadapi Android.

Pada 2016, BlackBerry berubah haluan menjadi perusahaan perangkat lunak. Lisensi untuk ponsel BlackBerry akhirnya dibeli oleh TCL pada tahun yang sama.

Setelah dipegang TCL, ponsel BlackBerry hadir dengan sistem operasi Android, antara lain BlackBerry KeyOne dan Key2.

Sayangnya, TCL juga tidak mampu mengembalikan kemasyhuran BlackBerry. Mereka akhirnya berhenti memproduksi ponsel merk tersebut sejak 2020.

Lisensi ponsel BlackBerry akhirnya pindah ke perusahaan rintisan OnwardMobility, yang sempat mengumumkan akan merilis smartphone pada pertengahan 2021. Tapi, hingga akhir tahun, ponsel pintar itu tidak pernah hadir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES